Travel

Ada Sempol Berbalur Kari Apel di Malang, Ini Tempat dan Sensasinya

Rasa kari yang ada di bagian dalam hingga luar dan meresap pada daging ayam pada sempol ini menambah kenikmatan berkali-kali lipat.

Ada Sempol Berbalur Kari Apel di Malang, Ini Tempat dan Sensasinya
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Sempol Kari Apel ala Fenix Restaurant Gets Hotel Malang karya Chef Karyono (kanan) 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Sempol adalah jajanan Kota Malang yang sudah semakin digemari dan bahkan dicari banyak pelancong ketika berkunjung ke Malang.

Makanan yang terbuat dari daging ayam cincang yang dicampur dengan tepung dan telur itu menjadi lebih istimewa di tangan Chef Karyono, chef Fenix Restaurant Gets Hotel Malang.

Tak hanya daging ayam dan tepung, sempol ala Gets Hotel juga berbalur bumbu kari apel di bagian dalam dan luarnya.

Apa itu bumbu kari apel?

Bumbu kari apel adalah campuran bumbu kari dengan potongan Apel Malang yang dicampurkan dalam proses pembuatan sempol.

"Setelah daging ayam dicincang, kemudian dicampur dengan potongan halus bawang merah dan bawang putih, adonan tersebut lalu diblender dan ditambahkan dengan tepung kanji dan tepung terigu, serta campuran bumbu kari dan potongan Apel Malang dan diaduk. Lalu dililitkan pada tusuk sate," jelas Chef Karyono pada SURYAMALANG.COM, Rabu (12/4/2017).

Bumbu kari apel tak hanya ada di bagian dalam sempol. Setelah dililitkan di tusuk sate, sempol direbus di dalam saus kari bersantan hingga matang dan bumbu karinya meresap sempurna.

"Setelah matang, tinggal dipilih mau digoreng atau dibakar. Sebelum digoreng atau dibakar, sempol dibaluri dengan telur kocok dan bumbu kari," lanjutnya.

Untuk sausnya, Chef Karyono membuatnya dari bumbu kari cair dengan potongan Apel Malang, dan tambahan bubuk cabai lalu dimasak hingga mendidih dan mengental.

Ketika SURYAMALANG.COM mencicipinya, rasanya sangat berbeda dari sempol yang biasa ditemui di sudut-sudut Kota Malang.

Rasa kari yang ada di bagian dalam hingga luar dan meresap pada daging ayam pada sempol ala Gets Hotel itu menambah kenikmatan berkali-kali lipat.

Belum lagi sensasi rasa bercampur dengan rasa Apel Malang yang manis asam menambah kekayaan rasa sempol. Apalagi ketika dimakan bersama saus kari apel dengan tambahan bubuk cabai. Wah rasanya ingin tambah terus!

Satu porsi Sempol Kari Apel di Fenix Restaurant Gets Hotel dibanderol dengan harga Rp 10 ribu. Pengunjung juga bisa mencoba untuk memasak sendiri Sempol Kari Apel dalam Fun Cooking Class di Fenix Restaurant Gets Hotel Malang.

Tak hanya membuat Sempol Kari Apel, pengunjung juga bisa mencoba membuat Nasi Bakar Kari Apel dan membuat Latte Art bersama Barista profesional. (nh)

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help