Travelling

Chef Juna Masak Pecel Pitik di Festival Banyuwangi Kuliner, Cewek-Cewek Jangan Baper Ya!

Festival Banyuwangi Kuliner tahun ini menghadirkan tema "pecel pitik", yang merupakan kuliner tradisional khas Suku Osing (masyarakat asli Banyuwangi)

Chef Juna Masak Pecel Pitik di Festival Banyuwangi Kuliner, Cewek-Cewek Jangan Baper Ya!
SURYAMALANG.COM/Haorrahman
Chef Juna dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat membuat pecel pitik, Rabu (12/4/2017). 

SURYAMALANG.COM, BANYUWANGI - Chef Juna hadir di Festival Banyuwangi Kuliner, Rabu (12/4/2017). Chef yang makin melejit namanya saat menjadi juri di Master Chef itu, membahas tentang pecel pitik Banyuwangi.

Festival Banyuwangi Kuliner tahun ini menghadirkan tema "pecel pitik", yang merupakan kuliner tradisional khas Suku Osing (masyarakat asli Banyuwangi).

Di acara itu, chef bernama lengkap Junior Juna Rorimpandey itu, mempraktekkan membuat pecel pitik. Menurut Juna, pecel pitik memiliki kekhasan yang tidak didapat di daerah lainnya.

"Makanan dengan olahan ayam itu banyak di daerah lain. Tapi pecel Pitik ini beda dan punya kekhasan," kata Juna.

Juna mengatakan memasak ayam dengan rempah banyak, memasak ayam dengan kelapa juga banyak. Tapi memasak ayam dengan kelapa dan rempah-rempah, serta ditambah kacang, baru dia temukan di pecel pitik khas Banyuwangi.

Menurut Juna, pecel pitik merupakan masakan nusantara yang menjadi ciri khas di Banyuwangi. Kini sudah banyak dijual di restoran di Banyuwangi.

Juna mengatakan, apa yang dilakukan oleh Banyuwangi ini sudah tepat. Karena kuliner masuk dalam faktor peningkatan dunia pariwisata.

Menurut chef spesialis masakan Perancis dan Jepang ini untuk meningkatkan pariwisata adalah wisata alam, wisata ibadah, adat istiadat, dan kuliner.

"Kuliner menempati 25 persen di pariwisata. Karena itu, festival tourism memang harus ada kulinernya," kata Juna.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, tiap tahun Banyuwangi menyajikan tema yang berbeda untuk mempromosikan khazanah kekayaan kuliner lokal Banyuwangi.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help