SuryaMalang/

Travelling

Pesawat Dolpin 'Mendarat' di Museum Angkut Kota Batu, Hmm Apa Sih Keistimewaannya?

Satu dari tiga koleksi itu ialah Pesawat Dolpin bernomor seri LL 2904 yang sudah beroperasi sejak tahun 1960-an.

Pesawat Dolpin 'Mendarat' di Museum Angkut Kota Batu, Hmm Apa Sih Keistimewaannya?
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Pengunjung berfoto di atas Pesawat Dolpin bernomor seri LL 2904, di Museum Angkut Kota Batu, Kamis (13/4/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Sejumlah pengunjung antre menunggu giliran untuk menaiki dan berfoto ria dengan koleksi anyar di objek wisata Museum Angkut Kota Batu, Kamis (13/4/2017).

Satu dari tiga koleksi itu ialah Pesawat Dolpin bernomor seri LL 2904 yang sudah beroperasi sejak tahun 1960-an.

Pesawat Dolpin, mesin pesawat tempur, dan tripel gun menambah koleksi di Museum Angkut sejak 1 April. Hadirnya tiga koleksi baru itu juga dalam rangka Bulan Dirgantara ke 71 HUT TNI AU, Lanud Abdulrachman Saleh.

Serangkaian acara dalam satu bulan diadakan di Museum Angkut untuk pertama kalinya.

Sabtu (15/4/2017) dan Minggu (16/4/2017), pengunjung Museum Angkut akan dimanjakan dengan penampilan VVIP Force Evacuation yang akan ditampilkan oleh 30 pasukan Paskas, Lanud Abd Saleh.

Nunuk Liantin, Public Relation Museum Angkut, mengatakan penampilan anggota Paskas nanti akan menunjukkan beberapa adegan.

"Jadi VVIP Force Evacuation itu penyelamatan terhadap tamu di dalam pesawat. Mulai dari penyelamatan, pengamanan. Tentunya pengunjung bisa menjadi bagian dari penampilan itu," kata Nunuk saat ditemui di Museum Angkut, Kamis (13/4/2017).

Nantinya, proses evakuasi itu akan dilakukan sebanyak dua sesi. Yakni pukul 11.00 WIB dan pukul 15.00 WIB. Pengambilan lokasi juga ada dua lokasi, yakni sesi pertama di dekat pintu masuk, dan sesi kedua di Gengster Town.

Penampilan ini, untuk memberikan edukasi kepada pengunjung tentang bagaimana proses evakuasi terhadap penumpang pesawat.

"Makanya kami beri dua sesi. Yang tidak bisa mengikuti sesi pertama, tidak usah khawatir, ada sesi kedua. Dengan penampilan yang sama. Pasti seru. Besok Jumat (14/4/2017), kami adakan gladi bersih persiapan buat penampilan di Hari Sabtu dan Minggu," imbuh Nunuk.

Satu pengunjung asal Kalimantan, Nisya Suharti (29) mengatakan dirinya belum pernah dengar dengan istilah VVIP Force Evacuation. Namun karena ia penasaran, kemungkinan akan datang ke Museum Angkut lagi.

"Kebetulan kakek kan juga pensiunan Angkatan Udara, jadi suka saja sama hal-hal yang bersangkutan dengan pesawat tempur. Ya coba lihat deh nanti aku datang lagi ke sini. Kebetulan masih lama di Batu," kata dia seusai berfoto dengan Pesawat Dolphin.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help