Home »

Batu

Malang Raya

Empat Bangunan di Kota Batu Diindikasi Belum Miliki Izin Mendirikan Bangunan

"Setelah kami cek ke Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja, ternyata ada yang belum memiliki IMB," kata Robiq kepada SURYAMALANG.COM

Empat Bangunan di Kota Batu Diindikasi Belum Miliki Izin Mendirikan Bangunan
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Hotel Shakila di Desa Songgokerto, Kota Batu, diindikasi belum memiliki IMB, Selasa (18/4/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Empat bangunan di Kota Batu diindikasikan tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Empat bangunan itu ialah Hotel Shakila di Desa Songgokerto, Warung Pecel di Jalan Sultan Agung, SPBU di Jalan Diponegoro, dan homestay di Jalan Sudiro. Keempat bangunan itu masih dalam proses pembangunan.

Oleh karena itu, Satpol PP memanggil empat pemilik bangunan itu. Plt Kasatpol Kota Batu sekaligus Sekretaris Satpol PP, Robiq Yunianto mengatakan ada laporan dari warga yang menyatakan bangunan itu belum mengantongi IMB.

"Setelah kami cek ke Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja, ternyata ada yang belum memiliki IMB," kata Robiq kepada SURYAMALANG.COM, Selasa (18/4/2017).

Dalam pemanggilan pemilik bangunan ini juga dinyatakan ada beberapa faktor. Yakni, IMB harus diperbarui jika ada perubahan bangunan fisik, pergantian pemilik, dan atau habis masa berlakunya. Dikatakannya, ketiga faktor ini ada pada empat bangunan itu, sehingga pihaknya memanggil pemilik bangunan itu untuk menunjukkan dokumen kelengkapan izin.

"Kalau tidak bisa menunjukkan surat kelengkapan bangunan dan tidak sesuai dengan izin yang berlaku, maka pengerjaannya harus dihentikan sampai ada izin resmi," imbuhnya.

Misalnya, pada bangunan Hotel Shakila, dari dokumen yang ada tempat itu tertulis untuk dijadikan homestay, tetapi justru jadi hotel.

Di samping itu, pembangunan di lokasi bekas SPBU lama di Jalan Diponegoro, akan dijadikan SPBU lagi. Salah satu pekerja di sana menyatakan bahwa tidak tahu tentang izin.

"Kami cuma garap saja, Mbak. Kebetulan pengelolanya tidak ada di sini. Tapi tidak ada warga yang protes kok," kata salah satu pekerja kepada wartawan SURYAMALANG.COM.

Sementara itu, Ketua Komisi C, DPRD Kota Batu, Didik Machmud menegaskan harus segera ditindak bangunan yang tidak ber-IMB. Karena ia menilai banyak bangunan yang diindikasikan tidak punya IMB.

"Harus ada tindakan tegas. Jangan nanti baru bangunan selesai malah baru ngurus IMB. Kalau bisa sambil jalan pembangunan, sambil mengurus IMB nya," kata Didik.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help