SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

SPSI Sebut 5 Pekerja KUD Kota Batu 'Dipaksa' PHK, Tapi Pihak KUD Mengelak, Siapa yang Benar?

“Tidak ada, Mbak. Kalau karyawan yang mau memasuki masa pensiun iya ada, tapi jumlahnya saya lupa. Tidak banyak kok,”

SPSI Sebut 5 Pekerja KUD Kota Batu 'Dipaksa' PHK, Tapi Pihak KUD Mengelak, Siapa yang Benar?
IST
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, BATU - Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Batu, Purtomo, mengatakan di KUD Kota Batu ada lima pekerja yang akan di-PHK.

Menurut Purtomo, pekerja tersebut mendapatkan perintah untuk membuat surat pengunduruan diri jelang pensiun. Dengan kata lain, para pekerja itu "dipaksa" PHK dengan modus mengundurkan diri.

Nah, dari insiden ini, Purtomo menilai bahwa hal ini melanggar ketentuan tentang ketenagakerjaan.

“Pekerja yang disuruh untuk membuat surat pengunduran diri ini ialah pekerja yang bukan anggota (KUD Kota Batu), pekerja yang direkrut dengan perjanjian kontrak,” kata pria yang akrab disapa Pur kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (19/4/2017).

Pur menegaskan bahwa pekerja yang akan pensiun ini tidak seharusnya membuat surat pengunduran diri. Oleh karena itu, ia menilai KUD Kota Batu melanggar beberapa ketentuan.

Seperti halnya pekerja yang terikat dengan Perjanjian Kontrak Waktu Tertentu (PKWT) dan seharusnya diangkat, juga bermasalah.

“Belum lagi masalah gaji. Bilangnya UMR, tetapi ketika melihat slip gaji pekerja di sana, jauh di bawah UMR. Ada lima pekerja, dan satu pekerja sedang dalam proses. Janganlah sampai ke ranah PHK,” tandas dia.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi, Ketua KUD Kota Batu, Ismail Hasan, menampik adanya pekerja yang akan di PHK.

Andaikata ada PHK, maka terlebih dahulu akan dilakukan sosialisasi dengan pekerjanya. Ia juga menyatakan bahwa pihaknya tidak menginstruksikan kepada seluruh pekerja dan anggota KUD untuk membuat surat pengunduran diri.

“Tidak ada, Mbak. Kalau karyawan yang mau memasuki masa pensiun iya ada, tapi jumlahnya saya lupa. Tidak banyak kok,” kata Ismail Hasan ketiak dihubungi wartawan SURYAMALANG.COM, Rabu (19/4/2017).

Halaman
12
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help