Liga 1

3 Pilar Dipanggil Timnas, Ini Cara Aji Santoso Meracik Arema saat Duel Lawan Bhayangkara FC

Absenya trio Timnas Indonesia; Bagas, Hanif dan Nasir membuat pelatih Arema FC Aji Santoso untuk menurunkan pemain lain pada laga kontra Bhayangkara

3 Pilar Dipanggil Timnas, Ini Cara Aji Santoso Meracik Arema saat Duel Lawan Bhayangkara FC
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Aji Santoso, pelatih Arema FC memberikan instruksi dalam latihan di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Selasa (18/4/2017). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Absenya trio Timnas Indonesia; Bagas, Hanif dan Nasir membuat pelatih Arema FC Aji Santoso untuk menurunkan pemain lain pada laga kontra Bhayangkara FC.

Akan tetapi bukan perkara mudah untuk menentukan pemain baru yang akan diturunkan untuk laga pekan kedua tersebut. Sebab, sebagian besar pemain U-23 yang dimiliki Arema FC tidak memiliki posisi bermain yang sama.

Bahkan mantan kapten Persebaya tersebut mencoba untuk bereksperimen dengan memasang pemain muda Junda Irawan sebagai bek kanan. Padahal sejatinya sang pemain merupakan bek kiri.

"Ada beberapa pertimbangan kenapa Junda dimainkan sebagai bek kanan. Sebenarnya ini bukan eksperimen, tetapi lebih kepada memaksimalkan potensi yang ada. Sebab, kalo Junda kami pasang di kiri dan Alfarizie di kanan, hasilnya malah tidak maksimal keduanya. Jadi kasarnya kita maksimalkan satu posisi terlebih dahulu," ucapnya Kamis (20/4/2017).

Kendati demikian, mantan pelatih Persik Kediri ini yakin bahwa Junda Irawan bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya meskipun tidak bermain diposisi idealnya. Secara kualitas memang Junda Irawan cukup bagus bermain sebagai bek kiri. Akan tetapi kesempatan untuk turun bermain lebih penting daripada hanya sekedar memikirkan posisi.

"Saya lihat Junda tidak terlalu kesulitan bermain sebagai bek kanan. Justru saya selalu katakan bahwa kalau bek kanan kaki terkuatnya harus kanan begitu juga sebaliknya. Sehingga keduanyavbisa maksimal," imbuhnya.

Mantan kapten Persebaya ini juga menyebut perubahan tersebut sebagai alternatif absennya trio timnas yang selama ini menjadi andalan Arema FC. Ia meyakini bahwa pemain pengganti trio timnas tersebut juga tak kalah secara kualitas.

"Ya mau bagaimana lagi, kami harus siapkan alternatif untuk mengatasi absennya Bagas cs. Tetapi saya kira tim lain juga mengalami hal yang sama termasuk calon lawan kami Bhayangkara FC," bebernya.

Sebenarnya perubahan posisi bermajn tak hanya dialami oleh Junda Irawan saja. Sebab, pemain Esteban Viscarra juga mengalami hal yang sama. Ia harus rela bergeser ke winger sebelah kiri setelah Andrianto menempati winger kanan.

Akan tetapi posisi tersebut tidak terlau asing bagi pemain asal Argentina tersebut. Sebab, sebagai winger pertukaran posisi menjadi hal yang lumrah. Hal itu merupakan bagian dari variasi strategi yang dikembangkan oleh tim untuk mengacaukan lini pertahanan lawan.

Penulis: Alfi Syahri Ramadan
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help