SuryaMalang/

Tahanan Polres Malang Kabur

Kaburnya 17 Tahanan Polres Malang 'Curi' Perhatian Kompolnas, Ini Katanya . . .

"Kami datang ke Polres Malang bukan untuk melakukan investigasi, tapi ingin mengetahui persoalan yang terjadi hingga ada 17 tahanan melarikan diri,"

Kaburnya 17 Tahanan Polres Malang 'Curi' Perhatian Kompolnas, Ini Katanya . . .
Twitter
17 tahanan Polres Malang kabur 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Kaburnya 17 tahanan Polres Malang mendapat perhatian khusus Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Pasalnya, kaburnya 17 tahanan sekaligus tersebut sebagai peristiwa luar biasa di jajaran Kepolisian hingga sekarang ini.

Anggota Kompolnas, Irjen Pol (Purn) Bekto Suprapto menjelaskan, tahanan melarikan diri terjadi di mana-mana. Namun dengan jumlah tahanan yang melarikan diri hingga 17 tahanan itu Kompolnas ingin mengetahui apa masalahnya.

"Kami datang ke Polres Malang bukan untuk melakukan investigasi, tapi ingin mengetahui persoalan yang terjadi hingga ada 17 tahanan melarikan diri," kata Bekto Suprapto di Mapolres Malang, Jumat (21/4/2017).

Dijelaskan Bekto, pihaknya telah melihat dan menerima penjelasan dari Kapolres Malang atas terjadinya 17 tahanan melarikan diri. Dan pihaknya juga telah melihat ruangan dan bangunan tahanan di Polres Malang.

"Dari situ kami melihat persoalannya ada pada bangunan sudah tua, alat bantu pengawasan atau CCTV minim, jumlah tahanan melebihi kapasitas hingga dua kali lipat, dan konstruksi bangunan yang tidak mudah dilakukan pengawasan," ucap Bekto Suprapto.

Sedangkan untuk alat yang digunakan tahanan melarikan diri, dikatakan Bekto, dengan menggunakan gergaji besi itu harus bisa ditelusuri. Karena tidak mungkin gergaji itu bisa masuk begitu saja ke dalam tahanan.

Siapa perencananya, kapan beli gergaji, bagaimana teknik menggergaji jeruji besi di atap kamar mandi dengan risiko bersuara dan tidak, serta pada posisi di ketinggian dalam menggergaji saling bertumpuan antara tahanan atau bagaimana.

"Untuk itu, tadi kami sudah minta pak Kapolres melakukan rekonstruksi. Biar hal itu menjadi pelajaran dan bisa diantisipasi sehingga kejadian tahanan melarikan diri tidak terulang lagi di mana saja," ucap Bekto.

Meski demikian, tambah Bekto, Kompolnas mengapresiasi langkah cepat pengejaran dan penangkapan terhadap para tahanan yang melarikan diri. Di mana dari 17 tahanan yang kabur sampai hari ini sudah lima tertangkap kembali.

"Untuk itu kami optimis seluruh tahanan kabur bisa ditangkap kembali," tutur Bekto yang menyerahkan soal investigasi peristiwa kaburnya tahanan ke internal Kepolisian Polda Jatim.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help