Malang Raya

Mahasiswi Universitas Negeri Malang Ini Ubah Kertas Jadi Action Figure Bernilai

Satu kotak berisi satu boneka karakter dari kertas kokoru, ia jual dengan harga Rp 25 ribu.

Mahasiswi Universitas Negeri Malang Ini Ubah Kertas Jadi Action Figure Bernilai
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Isti dan boneka karakter dari kertas kokoru buatannya 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Kesukaan Nurul Istiqomatunnisa pada kertas, membuat ia gemar membeli segala jenis kertas dan mengkreasikannya menjadi sesuatu yang baru dan unik. Misalnya kertas warna-warni menjadi kreasi origami dan kertas kado menjadi variasi hiasan kotak kado.

Ketika pada 2015 Isti, panggilan akrabnya, melihat kertas kokoru di sebuah toko buku, ia langsung penasaran karena bentuknya yang berbeda. "Menurutku unik banget karena kertas kokoru itu bertekstur seperti gerigi dan tebal seperti kardus tapi mudah dibentuk," kata gadis asal Bogor itu.

Karena belum tahu apa yang harus dilakukan dengan kertas kokoru, saat itu Isti mencari tutorialnya di youtube dan sempat menontonnya juga di televisi. Ia pun memulai membuat kreasi berbentuk buah-buahan. Dari mulai strawberry, semangka, hingga pisang.

"Lama-kelamaan semakin berkembang menjadi boneka karakter. Dari mulai yang mudah seperti Angry Birds sampai yang rumit seperti karakter Star Wars," kata dara kelahiran 12 Juli 1996 itu.

Isti pun mulai jatuh cinta dengan boneka karakter buatannya dan membuat satu set karakter. "Misalnya Doraemon, ada Nobita, Giant, Shizuka, Suneo, dan Doraemon," jelasnya.

Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM) itu telah membuat satu rak penuh boneka karakter dari Kokoru ketika salah satu sahabatnya menyarankan Isti untuk mencoba memasarkannya.

"Teman saya itu bilang sayang banget kalau hanya saya simpan padahal bisa jadi uang. Dari situ saya mulai beranikan diri untuk menjual via online lewat instagram @kokoru_malang," katanya.

Isti mengakui ia tidak pintar untuk menjual produk dan sempat membuat usaha barunya itu tersendat.

"Saya tidak pintar jualan, tapi untungnya di instagram ketemu banyak reseller yang tertarik menjualkan. Dari yang awalnya hanya berdasarkan pesanan, sekarang saya sudah memiliki katalog sendiri," tutur lulusan SMKN 4 Malang itu.

Katalog yang ia unggah di media sosial mendapatkan respon positif dari para pecinta film khususnya pengoleksi action figure. Bentuk boneka karakter buatan Isti memang mirip dengan aslinya menyerupai boneka action figure. Apalagi, karena kreasi boneka karakter dari kertas kokoru milik Isti baru satu-satunya di Kota Malang.

"Awalnya saya kira pembeli terbanyak adalah anak-anak. Ternyata justru anak muda pecinta film. Itu yang membuat saya mengikuti tren film dalam membuat dan mengupdate katalog," katanya.

Saat ini ia sedang menyediakan boneka karakter baru yaitu Belle dari Beauty and The Beast. "Itu mengikuti tren film. Saat Star Wars muncul juga banyak yang menanyakan, itu mengapa saya bikin satu set Star Wars," ungkap Isti. Ia juga sudah membuat satu set karakter Avenger.

Satu kotak berisi satu boneka karakter dari kertas kokoru, ia jual dengan harga Rp 25 ribu. "Kotak kemasannya itu juga saya buat sendiri, makanya mungkin harganya sedikit mahal," jelasnya. 

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help