Malang Raya

Putri Ustaz Yusuf Mansur Ini Berbagi Pengalaman Mengajar Anak Bule

Ketika bertandang ke UB untuk menemani sang ayah, Wirda menceritakan pengalamannya ketika 6 bulan mengajar Alquran di Madrasah New York Amerika

Putri Ustaz Yusuf Mansur Ini Berbagi Pengalaman Mengajar Anak Bule
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Wirda Salamah Ulya. 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Mengajar ternyata bukanlah perkara mudah. Apalagi mengajar anak yang berasal dari luar negeri. Itulah yang dialami oleh Wirda Salamah Ulya, putri pasangan Ustaz Yusuf Mansur dan Siti Maemunah.

Ketika bertandang ke Universitas Brawijaya untuk menemani sang ayah, Wirda menceritakan pengalamannya ketika 6 bulan mengajar Alquran di Madrasah New York, Amerika Serikat pada 2015-2016.

"Selama 6 bulan itu aku mengajar Alquran pada anak-anak bule yang duduk di bangku SD di sana. Ada sekitar 300 orang," kata gadis kelahiran 29 November 1999 itu.

Putri sulung Ustaz Yusuf Mansur itu mengaku harus ekstra sabar untuk menghadapi anak-anak Madrasah New York. "Mereka cenderung kurang hormat pada orang yang lebih tua, sehingga harus lebih telaten. Karena kalau dibentak, mereka malah balik membentak," ceritanya sambil tertawa kecil.

Padahal, mempelajari Al Quran harus dilakukan dengan serius, sehingga Wirda harus menebalkan kesabarannya.

"Logat mereka kan berbeda dan kurang pas ketika membaca Alquran. Jadi benar-benar harus dilatih dengan perlahan," tutur siswa homeschooling itu.

Meskipun begitu, namun Wirda mengatakan sangat senang pernah mengalami hal tersebut. "Itu kan pengalaman baru. Aku juga dapat teman-teman baru. Kita banyak sharing dengan satu sama lain," kata Wirda.

Bagi para remaja, Wirda berpesan untuk mengikuti jejak RA Kartini yang disesuaikan dengan jaman. "Untuk para perempuan, khususnya, harus lebih bisa menjaga diri agar kita dipandang sebagai barang mahal," tutupnya. 

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help