Malang Raya

Jangan Mimpi Dulu Kota Malang Punya Monorel dan Underpass, Simak Penjelasan Pemkot Malang

Kemacetan termasuk persoalan di Kota Malang. Pemkot Malang terus mencari terobosan untuk memecahkan persoalan itu.

Jangan Mimpi Dulu Kota Malang Punya Monorel dan Underpass, Simak Penjelasan Pemkot Malang
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Kemacetan. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Kemacetan kembali melanda Kota Malang, Sabtu (22/4/2017).

Pantauan SURYAMALANG.COM, kepadatan arus lalu lintas terjadi mulai utara Kota Malang. Kepadatan arus lalu lintas terlihat di Jalan Balearjosari, Jalan Raden Intan, Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, Jalan Panglima Sudirman sampai Gadang.

Kepadatan arus lalu lintas juga terjadi di Jalan Ranugrati menuju Sawojajar. Kemacetan juga terjadi di tengah kota, seperti di sekitar Alun-alun Bundar, dan Alun-Alun Merdeka.

Kemacetan termasuk persoalan di Kota Malang. Pemkot Malang terus mencari terobosan untuk memecahkan persoalan itu.

Kepala Badan Pengembangan, Perencanaan dan Penelitian (Barenlitbang) Kota Malang, Wasto menuturkan pihaknya memaksimalkan jalan sudetan dan jalur alternatif.

“Peningkatan kualitas jalan alternatif itu, dan mengkaji jalan sudetan,” ujar Wasto kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (22/4/2017).

Di antara jalan sudetan yang sedang dilirik Pemkot Malang adalah Jalan Simpang Ranugrati. Jalan itu sudah tersedia jalan sudetan, meskipun masih berkapasitas kecil. Jalur itu bisa terhubung sampai Jalan Muharto.

“Kami akan segera kaji jalan itu. Kalau kualitasnya bisa ditingkatkan, kami harap bisa memecah kemacetan di Jembatan Ranugrati,” imbuh Wasto.

Pihaknya akan koordinasi dengan Pemkab Malang untuk meningkatkan kualitas jalan alternatif. Ketika kualitas jalan alternatif di Kota Malang sudah baik bisa tersambung di Kabupaten Malang.

Wasto menyebut Pemkot Malang tidak bisa membangun monorel dan underpass. Menurutnya, underpass butuh biaya besar. Pemkot Malang tidak mampu membiayai pembangunan proyek itu. makanya tidak ada penganggaran untuk kajian dua proyek tersebut.

“Rencana jangka pendek yang bisa dilakukan untuk memecah kemacetan adalah memaksimalkan jalan sudetan juga jalur alternatif,” tambahnya.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved