SuryaMalang/

Malang Raya

Peserta Beasiswa Darmasiswa RI Mulai Cinta Indonesia

Solenn memilih kuliah di Jurusan Bahasa Indonesia di Perancis selama 3 tahun sebelum mendapat beasiswa Darmasiswa RI 2017.

Peserta Beasiswa Darmasiswa RI Mulai Cinta Indonesia
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Solenn Huss dari Perancis memberikan kesan-kesannya selama ikut Darmasiswa RI dalam acara penutupan dan pembekalan kepulangan peserta program beasiswa Darmasiswa RI di UMM Dome, Senin (8/5/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - 540 mahasiswa asing peserta program beasiswa Darmasiswa RI 2017 berkumpul dalam upacara penutupan dan pembekalan kepulangan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dome, Senin (8/5/2017).

Para mahasiswa ini telah menetap di Indonesia sekitar setahun. Para mahasiswa tersebar pada 52 perguruan tinggi di Indonesia untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia dalam program tersebut.

Solenn Huss dari Perancis sangat berkesan dan tidak bisa melupakan pengalamannya belajar di Indonesia.

“Saya sudah sangat mencintai Indonesia dan bangga bisa belajar di negara penganut Bhinneka Tunggal Ika ini,” kata Solenn.

Gadis berusia 21 tahun itu rutin mengunjungi Indonesia sekali dalam setahun sejak 2009.

“Saya sungguh terkesan dengan kekayaan budaya, bahasa, suku, dan adat di Indonesia. Saya ingin ingin kembali dan belajar banyak,” ujar peserta Darmasiswa Universitas Indonesia (UI) itu.

Bahkan, Solenn memilih kuliah di Jurusan Bahasa Indonesia di Perancis selama 3 tahun sebelum mendapat beasiswa Darmasiswa RI 2017.

“Ketika di Indonesia, saya beruntung bisa belajar Bahasa Indonesia dan praktik langsung pada penduduk asli,” tutur Solenn.

Sementara itu, Aniko Biro dari Hungaria sempat kesulitan beradaptasi dengan budaya Indonesia.

“Indonesia dan Hungaria sangat berbeda. Awalnya saya sedikit sulit beradaptasi. Tapi saya senang karena dapat belajar banyak hal dan teknik baru mengenai desain,” kata peserta Darmasiswa ISI Denpasar, Bali itu.

Halaman
123
Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help