SuryaMalang/

Malang Raya

Wah, Pendapatan Retribusi Terminal Kota Malang Turun Drastis

Berdasarkan penganggaran di APBD 2017, pendapatan di Dinas Perhubungan ditargetkan Rp 11 miliar.

Wah, Pendapatan Retribusi Terminal Kota Malang Turun Drastis
SURYAMALANG.COM/Aflahul Abidin
ILUSTRASI - Seorang petugas mengantar dua orang lansia lewat pintu khusus tanpa harus naik-turun shelter Terminal Arjosari, Kamis (9/2/2017). Pintu ini hanya untuk para lansia dan orang sakit. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Ketua Komisi C DPRD Kota Malang Bambang Sumarto memprediksi pendapatan di Dinas Perhubungan Kota Malang tahun 2017 tidak akan sesuai target.

Berdasarkan penganggaran di APBD 2017, pendapatan di Dinas Perhubungan ditargetkan Rp 11 miliar.

"Sejauh ini tercapai 33,73 persen dari target pendapatan Rp 11 miliar. Tetapi saya prediksi di Dishub tidak akan tercapai target ini karena ada dua faktor mendasar, yakni pengambilalihan pengelolaan terminal Arjosari dan Hamid Rusdi oleh pemerintah pusat dan provinsi (termasuk Terminal Tlogomas,red)," ujar Bambang usai menggelar rapat dengan Dishub Kota Malang, Kamis (18/5/2017).

Sejak tahun lalu, ada pengambilalihan dua terminal tersebut. Namun petunjuk teknis selanjutnya belum diatur secara detil. Karenanya, Dishub Kota Malang tetap mencadangkan adanya retribusi dari dua terminal tersebut.

"Meskipun pada faktanya, sampai sekarang tidak ada pungutan yang masuk ke Dishub Kota Malang. Jadi saya kira tidak akan tercapai dari target awal. Saya kira hanya faktor itu saja. Sedangkan dari lainnya, harus didapatkan sesuai target," tegas Bambang.

Pendapatan di Dishub disumbang oleh retribusi terminal, retribusi pengujian kendaraan bermotor dan retribusi parkir. Target dari retribusi parkir sebesar Rp 7,1 miliar dan telah tercapai Rp 2,6 miliar (37,10 persen).

Target pendapatan dari retribusi pengujian kendaraan bermotor sebesar Rp 2,5 miliar dan sudah terealisasi Rp 1,045 miliar (41,81 persen). Sedangkan target dari pendapatan retribusi terminal sebesar Rp 1,4 miliar dan baru tercapai Rp 24 juta (1,78 persen).

Kepala Dishub Kota Malang Kusnadi menambahkan retribusi terminal tidak bisa memenuhi target karena adanya pengambilalihan tiga terminal. Terminal Arjosari diambilalih oleh pemerintah pusat, terminal Hamid Rusdi dan Terminal Tlogomas/Landungsari diambilalih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Perolehan retribusi dari tiga terminal itu di tahun 2016 mencapai Rp 1,1 miliar atau sekitar 81,26 persen dari target retribusi terminal.

"Namun untuk yang lainnya tentu kami maksimalkan, terutama dari PKB (pengujian kendaraan bermotor) itu akan menyumbang paling banyak. Sebab setiap tahun kan terjadi pertumbuhan kendaraan bermotor," tegas Kusnadi. 

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help