SuryaMalang/

Malang Raya

Perusahaan Tambang Kalimantan Bakal Rekrut Mahasiswa Poltekom, Ini Buktinya

Alasan merekrut pekerja dari Jawa karena lebih tangguh dan pantang menyerah. Apalagi medan di Kalimantan sangat beda dengan Jawa.

Perusahaan Tambang Kalimantan Bakal Rekrut Mahasiswa Poltekom, Ini Buktinya
poltekom.ac.id
Kampus Poltekom Kota Malang 

SURYAMALANG.COM, KEDUNGKANDANG - Perusahaan pertambangan batu bara di Kalimantan PT Putra Sarana Trans Borneo melakukan kunjungan ke Politeknik Kota Malang (Poltekom), Jumat (19/5/2017).

Hadir dalam acara itu mitra kerja Poltekom, yaitu ILC ( Indonesian Learning Centre) dan mahasiswa prodi mekatronika spesifikasi alat berat.

"Tujuan mereka ke sini untuk melihat-lihat alat berat dan rekrutmen," jelas Imam Kusyairi MT, Kaprodi Teknik Mekatronika Poltekom kepada SURYAMALANG.COM.

Untuk memenuhi kebutuhan industri mahasiswa mekatronika spesifikasi alat berat menjalani program dua semester di kampus, dua semester di mitra kerja dan dua semester menjalani praktek kerja industri.

"Jumlah mahasiswa spesifikasi alat berat kita terbatas. Masih 20 orang. Namun pada tahun 2017, kami akan membuka kuota 100 orang," tambah Imam. Hal ini karena kebutuhan dari industri.

"Kalau respons dari industri bagus, maka bisa menyuplai tenaga kerja untuk industri. Yang kami senang adalah program ini sangat jarang dan di kampus ditangani profesional," papar Imam.

Sedang Budi Santoso, GM HRGA PT Putra Sarana Trans Borneo menyatakan baru pertama kali ini bakal merekrut pekerja dari Poltekom. "Dari ILC menyiapkan 15 mahasiswa Poltekom," kata Budi.

Untuk penempatan mereka, masih melihat hasil nilai psikotesnya. Apakah mereka nanti ditempatkan di mekanik, planner, operator atau teknisi," papar dia.

Biasanya, lanjut dia, perusahaan merekrut pekerja yang sudah jadi.

Namun kali ini ingin mendapatkan dari perintis/karyawan baru agar bisa membentuk karakternya dan loyal. "Dunia tambang batu bara sedang menggeliat lagi setelah tidur tiga tahun," ungkapnya.

Alasan merekrut pekerja dari Jawa karena lebih tangguh dan pantang menyerah. Apalagi medan di Kalimantan sangat beda dengan Jawa. Sedang Jafar Sodiq, Direktur ILC, mitra Poltekom menyatakan posisi pihaknya adalah untuk memenuhi akses ke industri.

Spesifikasinya ke pertambangan dan alat berat. Sehingga pihaknya menyiapkan SDM-nya.
"ILC menyiapkan kompetensi alat berat dan manajerialnya untuk mahasiswa D3 mekatronika spesifikasi alat bèrat. Sedang yang non core diisi oleh Poltekom," jelas Jafar. 

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help