SuryaMalang/

Malang Raya

Unik, Wortel Bisa untuk Nyalakan Lampu, Simak Hasil Penemuan Dosen Universitas Negeri Malang Ini

Dekan FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) itu menggunakan bahan alami seperti eceng gondok, daun pohon angsana, dan wortel.

Unik, Wortel Bisa untuk Nyalakan Lampu, Simak Hasil Penemuan Dosen Universitas Negeri Malang Ini
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Dekan FMIPA Universitas Negeri Malang (UM), Dr Markus Diantoro MSi, Senin (5/6/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Solar cell semakin banyak digunakan untuk menghasilkan listrik dari tenaga surya. Selama ini solar cell dibuat menggunakan semi konduktor yang biaya produksinya mahal dan limbahnya beracun.

Dr Markus Diantoro MSi mencoba membuat solar cell dari bahan alami. Dekan FMIPA Universitas Negeri Malang (UM) itu menggunakan bahan alami seperti eceng gondok, daun pohon angsana, dan wortel.

“Bahan yang tersedia di alam pasti murah, mudah didapat, tidak berbahaya, dan limbahnya mudah terdegradasi,” kata Markus kepada SURYAMALANG.COM, Senin (5/6/2017).

Namun sayangnya bahan alami tersebut baru menghasilkan efisiensi sebesar 1 persen.

“Sedangkan semi konduktor efisiensinya bisa 10-14 persen. Jadi masih butuh banyak pengembangan dan penelitian,” tambahnya.

Satu kilogram daun angsana atau satu wortel yang telah diekstrak dan dicampur dengan bahan kimia ZNO, SNO2, atau TIO2 kemudian disinari cahaya matahari. Hasilnya, bisa menyalakan satu lampu LED 1/4 watt.

“Semua bahan alami berwarna bisa digunakan sebagai konduktor solar cell. Sebab, warna dapat memantulkan atau menyerap energi matahari,” jelasnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help