Malang Raya

Ini Rekayasa Atasi Kemacetan di Jalan Ki Ageng Gribig dan Ranugrati Kota Malang

Jl Ki Ageng Gribig yang bakal direkayasa adalah jalan kembar yang sudah selesai diperbaiki, mulai dari pertigaan Madyopuro hingga menjelang Terminal.

Ini Rekayasa Atasi Kemacetan di Jalan Ki Ageng Gribig dan Ranugrati Kota Malang
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
kemacetan di kota malang. 

SURYAMALANG.COM, BLIMBING - Forum Lalu Lintas Kota Malang bakal merekayasa dua jalan di Kota Malang. Keduanya adalah Jl Ki Ageng Gribig dan Jl Ranugrati. Kemacetan menjadi alasan utama kenapa kedua jalan itu direkayasa.

Forum Lalin membicarakan perihal rencana rekayasa jalan ini di Kantor Dinas Perhubungan Kota Malang, Rabu (14/6/2017).

"Rapat kali ini membahas tentang rencana rekayasa dua jalan yakni Ki Ageng Gribig dan Ranugrati. Sebab kerap terjadi kemacetan di situ. Tinggal kami eksekusi saja rekayasanya kapan. Pastinya dalam waktu dekat," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang Kusnadi usai rapat.

Jl Ki Ageng Gribig yang bakal direkayasa adalah jalan kembar yang sudah selesai diperbaiki, mulai dari pertigaan Madyopuro hingga menjelang Terminal Madyopuro.

Dishub bakal memberlakukan dua arah di jalan tersebut. Sehingga pengendara terkanal di dua jalur berbeda. Ketika dua arah itu diberlakukan, Kusnadi berharap kemacetan di titik itu bisa terurai.

Terkait kemacetan di Jl Ranugrati, rekayasa di jalan itu tidak dengan menerapkan dua arah. Tetapi menambah lampu pengatur lalu lintas (traffic light/TL).

" Saat ini TL ada di pertemuan Jl Ranugrati dan Sawojajar, nantinya ditambah di dekat SPBU Sawojajar. Kedua lampu berdekatan ini diatur secara sinkron untuk mengatur arus lalu lintas supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan di jembatan Ranugrati," imbuh pakar transportasi dari Universitas Brawijaya yang juga anggota Forum Lalin Hendi Bowo Putro.

Melalui pengendalian itulah, lanjut Hendi, kemacetan di seputaran Ranugrati bisa ditekan. "Sebab kalau mau dialihkan ke jalan lain, atau memakai satu arah tidak bisa. Sementara memakai itu dulu," imbuhnya.

Adanya hipermarket baru di dekat SPBU Sawojajar diakui Forum Lalin menambah kemacetan di kawasan tersebut. Karenanya nantinya pihak hipermarket itu yang akan memasang lampu TL di perempatan dekat SPBU tersebut.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved