SuryaMalang/

Malang Raya

Pemkab Malang Usul Tiga Negara Ini Jadi Rute Penerbangan Dari Bandara Abdulrachman Saleh

Bila Bandara Abdulrachman Saleh ada rute ke Jeddah, warga Kabupaten Malang akan merasakan manfaatnya, seperti umroh.

Pemkab Malang Usul Tiga Negara Ini Jadi Rute Penerbangan Dari Bandara Abdulrachman Saleh
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Bandara Abdulrachman Saleh. 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Pemkab Malang usul pengembangan Bandara Abdulrachman Saleh tahap awal untuk tiga negara tujuan penerbangan, yaitu Singapura, Malaysia, dan Arab Saudi.

Bupati Malang, Rendra Kresna mengatakan usulan itu diajukan ke Pemprov Jatim dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Usulan ini berdasar meningkatnya kebutuhan transportasi udara oleh warga Malang Raya dan sekitarnya.

“Warga yang menjadi TKI di Malaysia dan Singapura bisa lebih mudah pulang melalui Bandara Abdulrachman Saleh Malang bila ada rute Internasional,” kata Rendra Kresna kepada SURYAMALANG.COM, Senin(19/6/2017).

Bila Bandara Abdulrachman Saleh ada rute ke Jeddah, warga Kabupaten Malang akan merasakan manfaatnya, seperti umroh. Bahkan haji pun bisa diberangkatkan melalui Bandara Abdulrachman Saleh.

“Melihat besarnya manfaat itu, Pemprov dan Kemenhub bisa merealisasikan usulan kami itu,” ucap Rendra Kresna.

Rendra menambahkan usulan itu juga berdasar semakin padatnya jadwal penerbangan di Bandara Juanda, Sidoarjo. Bila menjadi bandara internasional, Bandara Abdulrachman Saleh bisa mengurangi kepadatan penumpang dan jadwal penerbangan di Bandara Juanda.

“Kami menilai sudah saatnya Bandara Abdulrachman Saleh menjadi bandara internasional,” ujar Rendra Kresna.

Sementara anggota DPRD Kabupaten Malang, Amarta Faza mengatakan tuntutan kebutuhan terhadap sarana angkutan udara di Kabupaten Malang semakin besar. Ini seiring peningkatan perekonomian masyarakat, termasuk banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Malang.

“Mereka ingin Bandara Abdulrachman Saleh melayani rute internasional. Jadi mereka tidak harus ke Bandara Juanda,” kata Amarta Faza.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help