SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Pemkot Batu Akan Bentuk Forum Ekonomi, Ini Daftar Anggota dan Tugasnya

Saat ini Pemkot sedang mematangkan rencana pembentukan forum tersebut. Forum itu akan melibatkan banyak pihak.

Pemkot Batu Akan Bentuk Forum Ekonomi, Ini Daftar Anggota dan Tugasnya
SURYAMALANG.COM/Achmad Amru Muiz
Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU – Pemkot Batu akan membentuk Forum Ekonomi. Pembentukan forum ini agar Kota Batu memiliki rekaman terkait struktur ekonomi.

Kepala Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Batu, Andhang Budhy Harsa mengatakan APBD di Kota Batu harus memiliki catatan khusus pada struktur ekonomi.

“Forum Ekonomi daerah dibentuk agar bisa tahu struktur ekonomi-nya. Jadi bisa mengukur kesejahteraan, pertumbuhaan, dan pemerataan ekonomi Kota Batu,” kata Andhang kepada SURYAMALANG.COM, Senin (19/6/2017).

Saat ini Pemkot sedang mematangkan rencana pembentukan forum tersebut. Forum itu akan melibatkan banyak pihak, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Pusat Statistik (BPS), Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Beberapa daerah sudah memiliki Forum Daerah. Sedangkan Kota Batu masih belum membentuk forum itu. Forum Ekonomi ini akan menguatkan struktur ekonomi Kota Batu sebagai kota wisata dan pertanian.

Menurutnya, Forum Ekomoni juga akan menyimpan data terkait ekonomi, seperti, dari UMKM, dari PKL, dari Bank Sampah, dan sebagainya.

“Sekarang data seperti itu belum terdata dan belum terekam secara baik,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Junrejo, Andi Faizal Hasan mengatakan Forum Ekomoni akan menguntungkan Pemkot Batu.

“Bagus ada forum yang memantau perkembangan ekonomi di desa-desa. Batu ini kota kecil. Jadi pertumbuhan ekonomi harus dipantau,” kata Andi.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help