SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Pemkot Batu Sudah Punya Mobil Tangga untuk Pemadaman Kebakaran, Lihat Kelebihannya!

Seluruh operasional mobil ini secara digital, mulai mengatur tangga, menyemprotkan air, sampai mengatur kecepatan angin.

Pemkot Batu Sudah Punya Mobil Tangga untuk Pemadaman Kebakaran, Lihat Kelebihannya!
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Mobil tangga milik Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU – Akhirnya Pemkot Batu bisa memiliki mobil tangga untuk pemadaman api.

Mobil yang didatangkan dari Turki itu memiliki tangga sepanjang 24 meter. Panjang tangga ini mampu menjangkau gedung setinggi tujuh lantai.

Seluruh operasional mobil ini secara digital, mulai mengatur tangga, menyemprotkan air, sampai mengatur kecepatan angin. Ada monitor di mobil itu untuk mengatur sistem kerja.

Kepala Bidang Operasional Kebakaran Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu, Santoso Wardoyo mengatakan tidak semua orang bisa mengoperasikan mobil tangga ini. Calon operator harus menjalani masa training dahulu selama dua pekan.

“Butuh sekitar tiga orang untuk mengoperasikan mobil tangga ini. Operatornya harus tahu cara menggunakan mobil tangga ini dengan menyesuaikan lokasi kejadian,” kata Santoso kepada SURYAMALANG.COM, Senin (19/6/2017).

Beberapa personel Dinas Penanggulangan Kebakaran akan mendapat training khusus dari perusahaan produsen mobil. Mobil tangga seharga Rp 9,4 miliar ini beguna untuk pemadaman kebakaran gedung tinggi.

Tangki mobil tangga ini bisa menampung hingga 1500 liter air. Santoso menambahkan mobil tangga ini butuh perawatan serius.

“Meskipun tidak ada kebakaran, kami tetap melakukan simulasi menggunakan mobil tangga ini. Jika dibiarkan, mobilnya akan makin cepat rusak,” imbuhnya.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help