SuryaMalang/

Malang Raya

Pendaftar PPDB Jalur Prestasi tak Berjubel, Orangtua Siswa Pendaftar Lebih Tenang

Kondisi ini berbeda dengan tahun lalu karena tahun lalu di mana pendaftaran jalur prestasi masih gabung dengan jenjang SMA dan SMK.

Pendaftar PPDB Jalur Prestasi tak Berjubel, Orangtua Siswa Pendaftar Lebih Tenang
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Rini Kurniawan sedang mendaftarkan anaknya, Rafi Arsyad, lulusan SD Unggulan Al Ya'lu Kota Malang di jalur prestasi, Senin (19/6/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Suasana penyerahan berkas prestasi pendaftar PPDB jalur prestasi jenjang SMP di kantor Dindik Kota Malang  hari pertama, Senin (19/6/2017) berlangsung lancar.

Suasana di meja pendaftaran tidak sampai berjubel.

Kondisi ini berbeda dengan tahun lalu karena tahun lalu di mana pendaftaran jalur prestasi masih gabung dengan jenjang SMA dan SMK.

Proses seleksi dan pembatasan jalur prestasi dengan standar minimal prestasi tingkat provinsi bagi calon peserta, secara otomatis menyaring pendaftar lebih awal. 

"Ini berbekal dari pengalaman tahun lalu yang kita evaluasi. Kalau menerima juara tingkat kota, maka banyak sekali kejuaraannya. Kalau sudah tingkat propinsi berarti kan sudah berjenjang," kata Zubaidah, Kadindik Kota Malang, Senin (19/6/2017)

Rini Kurniawan mengantarkan anaknya Rafi Arsyad menyerahkan berkas prestasi di aula Dindik Kota Malang, Senin (19/6/2017). Ia menggunakan prestasi kepramukaan,sebagai juara 2 grup saat berlaga di Indonesia Scout Challenge ( ISC) di Kabupaten Gresik, Jatim pada 2016.

"Nilau ujian sekolahnya juga tinggi, yaitu 287,5," kata Rini di sela menunggu antrian penyerahan berkas.

"Berkas diterima meski ada yang bilang prestasinya tidak berjenjang. tetap ada proses verifikasi dari tim. Kalau gak lolos di jalur prestasi, ya saya daftar reguler ke SMPN 3. Nilai ujian sekolahnya kan tinggi juga," papar Rini.

Sedang Ny Suwono menyerahkan berkas prestasi untuk Mariska Dwi, lulusan SDN Lesanpuro 4 yang memiliki prestasi sepatu roda.

Di berkasnya, ia mencantumkan beberapa kejuaraan tingkat Jatim yang diikuti pada 2015 dan 2016. "Pilihan sekolahnya ke SMPN 21 karena dekat dengan rumah," ujar dia. Sedang nilai ujian sekolahnya 268,0.

Para orangtua dan siswa harus bersabar dalam proses pendaftaran jalur prestasi ini, karena perlu dilakukan verifikasi terkait prestasi atau kejuaraan yang sudah diikuti. Sebagai alternaif, siswa yang gagal meendaftar jalur ini masih bisa mendaftar jalur reguler PPDB online. 

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help