SuryaMalang/

Malang Raya

Sudah Divonis, Subur Triono Tetap Berstatus dan Ngantor Sebagai Anggota DPRD Kota Malang

"Dia tetap ngantor setelah bebas, dan tetap mendapatkan hak-haknya. Dia kembali ke Komisi A," pungkas Arief.

Sudah Divonis, Subur Triono Tetap Berstatus dan Ngantor Sebagai Anggota DPRD Kota Malang
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Subur Triono, anggota DPRD Kota Malang yang menjadi terdakwa kasus penipuan dan penggelapan saat mengikuti sidang putusan sela di Pengadilan Negeri Kota Malang, Rabu (24/5/2017). . 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN  - Anggota DPRD Kota Malang Subur Triono tetap bisa menjalankan tugas di DPRD Kota Malang setelah bebas dari tahanan.

Menurut Ketua DPRD Kota Malang Arief Wicaksono, hal ini dikarenakan Subur masih menjadi anggota dewan.

"Pak Subur masih tetap anggota dewan, karena belum ada pemecatan meskipun ada proses PAW (pergantian antar waktu)," ujar Arief kepada SURYAMALANG.COM, Selasa (20/6/2017).

Arief menambahkan pihaknya sudah memproses pengajuan PAW dari Partai Amanat Nasional (PAN) terhadap Subur. Berkas PAW juga sudah berada di meja Gubernur Jawa Timur.

"Tetapi karena Pak Subur juga melakukan gugatan atas kasus lain, dan proses hukum (yang dijalani Subur) belum inkrah (berkekuatan hukum tetap), maka Pemprov belum memberikan keputusan atas proses PAW itu," imbuhnya.

Arief menegaskan pemecatan seorang anggota dewan bukan ranah pimpinan. Pemecatan diajukan oleh partai politik di mana anggota dewan berasal.

Selama belum ada keputusan dari gubernur, maka Subur yang divonis 4 bulan 15 hari, tetap sebagai anggota DPRD Kota Malang.

"Selama belum ada ya tetap. Dia tetap ngantor setelah bebas, dan tetap mendapatkan hak-haknya. Dia kembali ke Komisi A," pungkas Arief.

Seperti diberitakan, anggota Komisi A DPRD Kota Malang Subur Triono divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Kota Malang, Senin (19/6/2017). Vonis bersalah itu atas kasus penipuan. Majelis hakim menjatuhkan hukuman penjara selama empat bulan 15 hari dipotong masa tahanan.

Subur menerimanya. Ia akan keluar dari penjara pada Sabtu (24/6/2017) nanti.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help