Malang Raya

Wow, Tarif Bus di Kota Malang Naik Sampai 50 Persen, Tarif Normal Kembali Mulai . . .

Belum terlihat lonjakan jumlah penumpang di Terminal Arjosari, Kota Malang pada Hingga H+3 Lebaran. Puncak arus balik diprediksi terjadi pada Sabtu.

Wow, Tarif Bus di Kota Malang Naik Sampai 50 Persen, Tarif Normal Kembali Mulai . . .
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Suasana Terminal Arjosari pada H+3 Lebaran yang masih lengang, Rabu (28/6/2017). 

SURYAMALANG.COM, BLIMBING – Belum terlihat lonjakan jumlah penumpang di Terminal Arjosari, Kota Malang pada Hingga H+3 Lebaran. Puncak arus balik di Terminal Arjosari diprediksi bakal terjadi pada Sabtu (1/7/2017).

Koordinator Terminal Arjosari, Hadi Supeno memperkirakan lonjakaan penumpang berasal dari penumpang lokal, seperi Surabaya atau Blitar.

“Prediksi puncak arus balik terjadi pada Sabtu dan Minggu nanti. Saat ini arus penumpang masih normal,” kata Hadi kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (28/6/2017).

Agar tidak terjadi penumpukan bus, petugas langsung memberangkatkan bus yang telah dipenuhi penumpang. Kebijakan ini berbeda pada bus jarak jauh. Bus berangkat sesuai ketentuan waktu yang sudah ditetapkan.

“Bus lokal tidak sesuai waktu, seperti Blitar dan Surabaya. Kalau sudah penuh, ya berangkat,” tambahnya.

Berdasar data di kantor Terminal Arjosari, ada 521 bus yang sudah beroperasi sampai pada 27 Juni 2017. 521 bus itu mengangkut 19.058 penumpang.

Jumlah penumpang tertinggi terjadi pada H-2 dan H-3. Ada 21.419 penumpang pada H-2. Sedangkan H-3, ada 21.178 penumpang.

Banyak Pesanan

Sementara itu, sudah banyak calon penumpang yang memesan tiket keberangkatan. Pekerja PO Bus Rosalia Indah dan Coyo, Sjafrin Djanir (75) mengatakan jumlah pemesan naik sekitar 25 persen dibandingkan hari biasa.

Pria yang akrab disapa Oyong itu menyebut mayoritas pemesan tiket akan pergi ke Yogyakarta, Surakarta, dan Cirebon dari Kota Malang.

“Pesanan sudah mulai ada untuk tanggal 30 Juni 2017, dan 1, 2, serta 3 Juli 2017,” ujarnya.

Pihak pengelola sudah menambah jumlah armada bus. Biasanya dalam sehari hanya ada lima bus yang beroperasi. Karena adanya peningkatan penumpang, ada satu busa tambahan.

Pengelola bus memanfaatkan melonjaknya jumlah penumpang ini dengan menaikkan tarif. Bahkan ada perusahaan yang menaikkan tarif sampai 50 persen.

Tarif bus Rosalia Indah dari Kota Malang menuju Surakarta biasanya dipatok Rp 105 ribu. Tetapi selama Lebaran ini, tarifnya berubah menjadi antara Rp 150.000-175.000 untuk tujuan Yogyakarta.

“Tarifnya kembali normal mulai 4 Juli 2017,” paparnya.

Penulis: Benni Indo
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved