SuryaMalang/

Malang Raya

Pemkab Malang Kesulitan Kembangkan Wisata Wilayah Selatan, Ternyata Ini Penyebabnya

Bupati Malang, Rendra Kresna mengatakan sejumlah obyek wisata alam di kawasan selatan ada di pantai laut selatan.

Pemkab Malang Kesulitan Kembangkan Wisata Wilayah Selatan, Ternyata Ini Penyebabnya
SURYAMALANG.COM/Aflahul Abidin
Pantai Kondang Merak di Kabupaten Malang. 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Pemkab Malang masih kesulitan mengembangkan potensi pariwisata selatan Kabupaten Malang. Sebab, hampir 90 persen kawasan wisata alam di wilayah selatan masuk dalam KPH Perhutani.

Bupati Malang, Rendra Kresna mengatakan sejumlah obyek wisata alam di kawasan selatan ada di pantai laut selatan. Kawasan wisata pantai dengan panorama keindahan alam termasuk andalan untuk menarik wisatawan.

“Kami terus berupaya mengembangkan kawasan wisata wilayah selatan tanpa mengganggu kawasan wilayah KPH Perhutani,” kata Rendra Kresna kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (2/7/2017).

Upaya pengembangan lainnya adalah meningkatkan kualitas jalan menuju obyek-obyek wisata. Harapannya jalan lintas selatan (JLS) bisa segera diselesaikan Pemprov Jatim.

Jalur transportasi termasuk bagian penting untuk pengembangan obyek wisata. Wisatawan yang hendak ke obyek wisata selalu mendambakan kenyamanan sarana transportasi.

“Kami apresiasi kinerja dinas terkait dalam peningkatan kualitas jalan menuju ke obyek wisata di Kabupaten Malang,” ucap Rendra Kresna.

Rendra Kresna mengakui Pemkab Malang tidak berharap banyak memperoleh PAD dari pariwisata di wilayah selatan. Namun, Pemkab berharap warga sekitar mendapat manfaat besar.

Jadi, warga bisa meningkatkan pendapatannya sehingga bisa memberi nilai tambah mencapai kesejahteraan. Kelompok sadar wisatawan (Kadarwis) diharapak menjadi komunitas pelaku wisata di setiap daerah.

“Kami berupaya memberi pembinaan kepada warga untuk peningkatan kualitas SDM,” ucap Rendra.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Malang, Zia Ulhaq mengatakan DPRD Kabupaten Malang sejalan dengan Pemkab Malang untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Malang. Karena sektor pariwisata termasuk usaha yang tidak terpengaruh kondisi perekonomian.

“Kami sering mendorong agar potensi pariwisata terus digali dan dikembangkan,” tutur Zia Ulhaq.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help