SuryaMalang/

Malang Raya

Parah, Ternyata Tempat Wisata di Kota Batu Belum Punya SOP Penanggulangan Bencana

Setiap lokasi yang memiliki resiko tinggi menimbulkan bencana harus ada analisis dari BPBD untuk penanganan jika terjadi bencana.

Parah, Ternyata Tempat Wisata di Kota Batu Belum Punya SOP Penanggulangan Bencana
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Wahana wisata 1000 Ayunan di Coban Talun, Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU – Ternyata belum ada Standar Operasional Prosedur (SOP) penanggulangan bencana atau pencegahan bencana di tempat wisata di Kota Batu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Sasmito berharap ada SOP penanggulangan bencana atau pencegahan bencana. Seharusnya SOP ada disetiap lokasi wisata.

“Setiap tempat wisata harus ada SOP penanggulangan bencana. Tetapi saat ini tidak ada,” kata Sasmito kepada SURYAMALANG.COM, Selasa (4/7/2017).

Padahal sudah Perda 2/2015 tentang Penanggulangan Bencana di Kota Batu. Dalam perda itu disebutkan setiap lokasi yang memiliki resiko tinggi menimbulkan bencana harus ada analisis dari BPBD untuk penanganan jika terjadi bencana. Sasmito menegaskan semua pembangunan gedung ataupun lokasi wisata memiliki risiko terjadinya bencana.

“Kalau ada bencana, pasti BPBD yang menangani dan membantu. Kami butuh SOP itu. Saat terjadi bencana, kami tahu kebutuhan untuk penanganan,” sambungnya.

Sementara itu, Koordinator Pengelola Wana Wisata Coban Rais, Tri Agus Susilo mengakui belum ada SOP untuk penanggulangan bencana. Pihaknya sedang merencanakan pembuatan SOP itu.

“Memang SOP itu wajib. Tetapi sekarang kami belum memiliki SOP itu,” kata Agus.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help