SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Dispendukcapil Kota Batu Permudah Warga saat Mengurus Berkas-Berkas, Begini Caranya . . .

"Masa sih ada. Ohh saya baru dengar. Tapi sepertinya lebih jelas ngurus di kantornya ya. Kalau kurang jelas bisa tanya," kata dia.

Dispendukcapil Kota Batu Permudah Warga saat Mengurus Berkas-Berkas, Begini Caranya . . .
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Dispendukcapil Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - Masyarakat Kota Batu kini dipermudah dalam setiap pengurusan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Tak usah mengantre lama, pelayanan publik bisa dilakukan secara online. Seperti mengurus akta kelahiran, KTP, Kartu Keluarga.

Kepala Dispendukcapil, Maulidiono mengatakan sistem pelayananan melalui online ini untuk memudahkan masyarakat yang memiliki kesibukan. Tak hanya itu, juga untuk membantu warga lanjut usia (lansia). Karena selama ini, untuk warga lansia yang mengurus pelayanan di kantor Dispendukcapil tidak dibedakan, antrean untuk lansia.

"Kasihan kalau lansia harus mengantri di sini. Kami permudah, tinggal upload berkas di rumah. Lalu kami verifikasi dan kami beritahu melalui pesan singkat atau email. Ketika sudah jadi tinggal diambil di sini," papar Maulidiono, Senin (10/7).

Alamat untuk mengurus pelayanan melalui online adalah batukota.go.id/dispendukcapil. Namun, layanan online ini masih belum diketahui oleh masyarakat umum. Hanya sekitar 10 persen saja yang sudah menggunakan layanan online.

Salah satu warga yang akan mengurus akte kelahiran, Siska Suwantoro mengatakan kalau dirinya belum mengetahui jika mengurus akte kelahiran bisa online. Meskipun bisa melalui online, dirinya masih terbiasa ketika mengurus offline.

"Masa sih ada. Ohh saya baru dengar. Tapi sepertinya lebih jelas ngurus di kantornya ya. Kalau kurang jelas bisa tanya," kata dia.

Tetapi, lanjutnya, apabila pelayanan sudah bisa online, harus jelas petunjuk bagaimana prosesnya. Sehingga, menurutnya warga juga bisa lega dan semakin mudah mengurus administrasi secara online.

"Kebanyakan kalau online kan jadi ribet. Karema banyak yang gaptek. Jadi harus semakin diperjelas seperti alur-alurnya," pungkas warga Pesanggrahan itu.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help