SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Pasar Kota Batu Unit Sayur Akan Dibongkar dan Diperbaiki, Seperti Apa Desainnya? Yuk Kita Dintip

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu, Sinal Abidin, mengatakan Kamis besok itu sudah mulai pembongkaran pasar.

Pasar Kota Batu Unit Sayur Akan Dibongkar dan Diperbaiki, Seperti Apa Desainnya? Yuk Kita Dintip
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Bedak pedagang sayur di Pasar Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pembongkaran Pasar Kota Batu Unit Sayur akan dilakukan Kamis (13/7/2017). Pembangunan pasar ini dirasa sangat mendesak, karena selain untuk memenuhi kebutuhan para pedangang di pasar tersebut juga untuk membenahi dan menghidupkan kembali aktivitas di pasar itu.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu, Sinal Abidin, mengatakan Kamis besok itu sudah mulai pembongkaran pasar. Sebelumnya Pemkot Batu sudah melakukan sosialisasi kepada pedagang sebanyak dua kali.

"Pedagang juga sudah setuju, dan kami juga tinggal melaksanakan pembangunan. Pasar ini sudah lama mati suri, pembangunan ini untuk mensejahterakan pedagang juga," kata Sinal, Selasa (11/7/2017).

Sinal mengatakan, bedak yang ada di pinggir utama pintu masuk dan menghadap ke dalam, akan dibongkar. Karena bedak itu mengganggu pemandangan dalam Pasar Kota Batu unit sayur dari luar. Ada 22 bedak yang akan dibongkar. Tujuannya dibongkar, Sinal menjelaskan agar pasar unit sayur ini bisa terlihat dari luar dan tidak terhalangi lagi.

Setelah dibongkar, nanti lahan tersebut akan dijadikan lahan parkir. Dikatakan Sinal, saat sidak pasar beberapa waktu lalu, ia menemukan banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan. Seperti lahan di belakang pasar. Lahan kosong itu lumayan luas, dan nantinya akan dijadikan rest area.

"Makanya pas saya meninjau lokasi pasar ini, ternyata banyak lahan yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pasar. Di belakang ini nanti dibuat rest area, toilet, jadi kalau capek bisa istirahat," paparnya.

Ia mengatakan, dulu desain awal rest area akan ditaruh di Pasar Kota Batu Unit Buah. Tetapi rancangan ini gagal karena tidak cukup anggaran. Lagipula, jika rest area ditaruh di Pasar Buah, akan terlalu jauh pengunjung untuk menjangkau.\

Pembangunan pasar yang memakan anggaran APBD sekitar Rp 9 Miliar ini akan ada 136 bedak. Meskipun jumlah pedagang ada 306, jumlah 136 bedak baru itu akan cukup menampung keseluruhan pedagang.

"Yang aktif kan tidak semuanya. Tetapi pedagang yang tidak aktif ini tetap akan dapat bagian bedak. Yang mengatur pedagang nanti biar paguyubannya. Kami memberikan fasilitas untuk pedagang dengan membenahi bedak yang kumuh ini," imbuh mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help