SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Horeee, Warga Lanjut Usia di Kota Batu Bakal Dapat 'Uang Saku', Tapi Ada Ketentuannya Lho . . .

"Ini program pemerintah Kota Batu untuk mensejahterakan lansia. Dari Dinas Sosial mendata ada 2010 lansia yang akan menerima insentif ini,"

Horeee, Warga Lanjut Usia di Kota Batu Bakal Dapat 'Uang Saku', Tapi Ada Ketentuannya Lho . . .
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, BATU - Bagi orang lanjut usia (lansia) di Kota Batu, kini tak perlu khawatir untuk biaya hidup. Karena Pemerintah Kota Batu memberikan insentif bagi lansia yang ber KTP Kota Batu.

Insentif untuk lansia ini diberikan untuk lansia yang berusia 65 tahun ke atas. Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, mengatakan ia tidak ingin ada warganya meskipun sudah lansia tetapi hanya jadi pengangguran.

"Saya melihat di beberapa daerah, orang yang sudah lansia dan usianya 80 tahun ke atas itu masih sehat-sehat. Dan masih aktif bekerja. Nah ini bisa menjadi inspirasi bagi warga Kota Batu, terutama sesama lansia," kata Eddy saat dikonfirmasi, Kamis (13/7/2017).

Namun, ER, sapaannya, tidak ingin lansia yang mendapatkan insentif ini hanya sekedar menerima saja. Tetapi harus memiliki inisiatif untuk berusaha dalam sektor apapun itu.

Dikatakannya, bisa jadi insentif ini sebagai modal utama bagi lansia untuk memulai usaha. ER tidak menginginkan masih ada masyarakat yang menganggur dan mengeluh karena tidak mendapatkan pekerjaan.

"Jadi tidak hanya sekedar menerima saja. Tetapi ada usaha yang dilakukan untuk turut mengembangkan sektor perdagangan. Bisa berjualan sayur, atau apapun itu," imbuhnya.

Lansia ini akan diberikan insentif sebesar Rp 500 ribu per bulan. Lansia yang akan diberi insentif ini ialah lansia yang masih produktif dan masih bisa bekerja.

Sementara itu, Plt Sekretaris Daerah, Achmad Suparto menambahkan, insentif ini akan dimasukkan ke dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2017 akhir Juli. Anggaran untuk insentif ini ialah sekitar Rp 1 Miliar.

"Ini program pemerintah Kota Batu untuk mensejahterakan lansia. Dari Dinas Sosial mendata ada 2010 lansia yang akan menerima insentif ini," kata Suparto.

Karena baru akan di-PAK-kan tahun ini, maka diharapkan akan terealiasasi pada Agustus. Insentif ini untuk lima bulan, mulai Agustus hingga Desember 2017.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help