SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Begini Cara Rumah Sakit Kota Batu dalam Mengelola Limbah Medisnya, Ada Beragam Pilihan

Setiap instansi kesehatan memang ada alat pengelolahan limbah, namun alat ini milik dari pihak ketiga yang memang khusus membantu memusnahkan limbah

Begini Cara Rumah Sakit Kota Batu dalam Mengelola Limbah Medisnya, Ada Beragam Pilihan
wikipedia
Ilustrasi Limbah Medis 

SURYAMALANG.COM, BATU - Beberapa rumah sakit di Kota Batu mengupayakan kerjasama dengan pihak ketiga untuk menangani pengelolaan limbah medis. Pihak ketiga yang digandeng Unit-unit kesehatan di kota Batu cukup beragam.

Pihak RS Baptis misalnya, salah satu rumah sakit besar di kota Batu ini bekerjasama dengan jasa pengelola limbah dari Cileungsi, Bogor.

Waka RS Bhayangkara Hasta Brata kota Batu, dr Wiwik mengatakan kalau di RS tersebut bekerjasama dengan pihak ketiga terkait pengelolahan limbah medis. "Iya kami dibantu pihak ketiga untuk pengelolahan limbah medis di rumah sakit kami. Ada alatnya (incenerator)," kata dia saat dikonfirmasi.

Sejauh ini, sampah medis di RS tersebut tidak begitu urgent. Sehingga masih bisa diatasi dengan pengelolahan yang dibantu dari pihak ketiga.

Dari pantauan SURYAMALANG.COM, setiap instansi kesehatan memang ada alat pengelolahan limbah, namun alat ini milik dari pihak ketiga yang memang khusus membantu memusnahkan limbah medis di Kota Batu.

Dinkes Kota Batu telah menyediakan dan mengarahkan pihak ketiga untuk menangani pemusnahan limbah medis. Dinkes justru melarang setiap instansi kesehatan untuk membakar sampah medis tidak didampingi oleh pihak ketiga. 

"Dari kami menyediakan badan jasa layanan pengolahan limbah, yaitu PT. Putra Restu Ibu Abadi di Mojokerto. Kalau itu ada anggarannya dari pemkot," kata Kadinkes Kota Batu, drg Kartika Trisulandari .

Sementara itu,

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help