SuryaMalang/

Malang Raya

Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang Ajak Siswa SMP-SMA Ikut Olimpiade Fisika

"Pada tahun lalu, siswa SMP yang ikut masih sedikit. Karena itu kami juga menindaklanjuti ke guru fisika SMP agar siswanya bisa ikut," kata Sintia.

Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang Ajak Siswa SMP-SMA Ikut Olimpiade Fisika
fisika.id
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika 'Nucleon' Universitas Negeri Malang (UM) mengajak para siswa SMP dan SMA sederajat mengikuti olimpiade fisika nasional atau Nucleon Physics Olympiad (NuPhO) 2017.

Agar makin meluas peminatnya, ada 32 rayon di berbagai daerah di Indonesia. 32 rayon itu akan menjadi lokasi babak penyisihan yang dimulai pada 24 September 2017.

"Kami kan pusatnya di Malang. Keberadaan rayon-rayon ini bekerja sama dengan sekolah-sekolah," jelas Sintia Arianti, Humas NuPho 2017 kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (16/7/2017).

Dibanding pelaksanaan 2016, jumlah rayon makin meningkat. Sehingga diharapkan makin menjangkau ke banyak daerah.

"Pada tahun lalu, siswa SMP yang ikut masih sedikit. Karena itu kami juga menindaklanjuti ke guru fisika SMP agar siswanya bisa ikut," kata Sintia.

Beda dengan siswa SMA sederajat yang sudah aktif mencari prestasi dengan berani ikut lomba. Rayon-rayon yang ada antara lain Kupang, Mojokerto, Palembang, Ponorogo, dan Semarang. Sedang tema NuPhO 2017 adalah “Melahirkan Insan Cita Untuk Negeri”.

Panitia sudah menyebar surat-surat ke sekolah dan meminta permohonan pengiriman delegasi. Dengan tema itu, diharapkan para siswa/peserta bisa mengamplikasikan fisika dalam kehidupan mereka.

Ditambahkan Yusuf Rizal, Ketua Pelaksana Nucleon Physics Olympiad 2017, rangkaian acara dimulai dari penyisihan di 32 rayon pada Minggu, 24 September 2017. Targetnya adalah mendapatkan 1499 tim.

Pada babak ini, peserta yang terdiri dari dua orang (satu team) dihadapkan dengan soal pilihan ganda. Dari satu rayon, akan diambil 10 persen peserta untuk melaju ke babak berikutnya di gedung FMIPA UM pada Sabtu, 7 Oktober 2017.

Dari total peserta 10% dari masing-masing 32 rayon akan berkompetisi mengerjakan esai. Selanjutnya akan diseleksi delapan tim untuk melaju ke babak semi final. Mereka akan adu kecakapan mempresentasikan fenomena fiaika di dewan juri dari dosen fisika UM.

Dari delapan tim akan diambil empat tim. Babak finalnya pada 8 Oktober 2017 si gedung aula O1 FMIPA UM. Babak final terdiri dari tiga tahap, yaitu sesi praktikum, sesi animas dan sesi kuis.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help