SuryaMalang/

Madiun

Miris, Hanya Ada 3 Pendaftar di Sekolah Negeri Ini, Tapi Siswa Malah Senang, Lho Kok . . .

Maklum, sekolahan yang beralamat di Jalan Sri Linuhung no 1, Kelurahan Sukosari, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun ini kekurangan murid.

Miris, Hanya Ada 3 Pendaftar di Sekolah Negeri Ini, Tapi Siswa Malah Senang, Lho Kok . . .
SURYAMALANG.COM/Rahardian Bagus
Kelas 1 SDN Sukosari Kota Madiun yang hanya berjumlah 3 orang. 

SURYAMALANG.COM, MADIUN - Suasana hari pertama masuk sekolah di SD Negeri Sukosari Kota Madiun terlihat sepi, Senin (17/7/2017).

Maklum, sekolahan yang beralamat di Jalan Sri Linuhung no 1, Kelurahan Sukosari, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun ini kekurangan murid.

Hanya ada tiga siswa baru yang mendaftar pada tahun ajaran baru 2017/2018 ini. Tiga murid baru itu adalah Hafis Said Ramadhan (6), Vellysa Putri Ramadhani (7), dan Sheyla Novita Ardiany Jatmiko (7).

Kepala SDN Sukosari, Nurseha mengatakan pagu siswa di SDN Sukosari Kota Madiun memang tidak terpenuhi. Jumlah siswa dalam satu kelas di sekolah pimpinannya tidak ideal.

Nurseha mengatakan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab siswa atau orang tua enggan mendaftarkan anaknya di SDN Sukosari.

“Mungkin faktor lingkungan. Sukosari kan wilayahnya sempit. Sebelah barat itu terpotong rel sehingga sulit mau menyeberang. Mungkin itu yang menjadi faktornya,” alasan Nurseha kepada SURYAMALANG.COM.

Alasan lain adalah jumlah anak usia sekolah di Kelurahan Sukosari sangat minim. Pihaknya sudah berupaya menarik minat orang tua agar mendaftarkan anaknya ke SDN Sukosari.

“Bahkan kami juga sudah door to door. Tetapi hasilnya seperti ini,” ujarnya.

Nurseha menambahkan minimnya jumlah siswa baru tidak hanya terjadi pada tahun ajaran ini. Dalam tahun ajaran sebelumnya, sekolah pimpinannya juga kekurangan murid.

Pantauan SURYAMALANG.COM, siswa baru tidak langsung mendapat pelajaran pada hari pertama masuk sekolah. Tiga siswa baru itu hanya mendapat materi masa pengenalan lingkungan.

Tiga murid baru itu diajak keliling  sekolah bersama siswa lain, dan para guru. Selanjutnya tiga murid baru itu diajak ke kelas dan mendapat penjelasan tentang kegiatan belajar di kelas.

Sementara itu, Vellysa Putri Ramadhani (7) mengaku senang meskipun tidak memiliki banyak teman di kelasnya. Dia mau sekolah di SDN Sukosari karena dekat dengan rumahnya.

“Senang karena dekat rumah,” katanya.

Sekedar diketahui, siswa di SDN Sukosari  hanya berjumlah 54 siswa.

Penulis: rahadian bagus priambodo
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help