SuryaMalang/

Pilkada Gubernur Jatim

Naik Vespa, Ini Motivasi Mantan Ketua PSSI La Nyalla Mataliti Mendaftar Calon Gubernur Jatim

"Semua tahu, apa yang sebenarnya diinginkan oleh masyarakat. Sebab, saya telah berkeliling ke daerah-daerah dan mereka menginginkan figur pengusaha,"

Naik Vespa, Ini Motivasi Mantan Ketua PSSI La Nyalla Mataliti Mendaftar Calon Gubernur Jatim
SURYAMALANG.COM/Ahmad Zaimul Haq
Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur La Nyalla Mattaliti mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur di kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jatim, Senin(17/7/2017) dengan naik vespa dari kediamannya di kawasan Wisma Permai Mulyorejo. 

SURYAMALANG.COM. SURABAYA - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim, La Nyalla Mataliti, secara resmi mengambil formulir pendaftaran bakal calon gubernur (Bacagub) di Partai Demokrat, Senin (17/7/2017). Dengan diambilnya formulir ini, Nyalla telah terdaftar sebagai salah satu Bacagub dari Partai Demokrat.

Berbeda dengan beberapa Bacagub sebelumnya, kedatangan Nyalla ke kantor Dewan Pimpinan Darerah (DPD) Partai Demokrat Jatim cukup unik. Apabila kandidat sebelumnya mengendarai mobil, Nyalla memilih mengunakan vespa. Bahkan, ia mengendarainya seorang diri.

Sesampainya di DPD Demokrat, Nyalla telah ditunggu ratusan pendukungnya, yang mengatasnamakan "La Nyalla Academia". Mayoritas dari mereka mengenakan kaos putih bertuliskan "La Nyalla Academia Bersama Untuk Kebaikan". Selain itu, mereka juga membawa hand banner bertuliskan "Mohon Doa Restu La Nyalla Untuk Jawa Timur".

Usai menyapa pendukungnya, Nyalla kemudian melakukan proses pengambilan formulir. Prosesi tersebut disertai dengan penandatangan serta penyerahan formulir pendaftaran dari panitia. Nyalla mengatakan, bahwa ia mengambil formulir bakal calon gubernur.

Pada penjelasannya, ia kembali menegaskan target jabatan yang diincarnya. Yakni, calon gubernur. "Saya tidak pernah sedikitpun memiliki niat untuk mencalonkan diri sebagai wakil. Sejak awal. Kami dan tim sepakat menargetkan menjadi gubernur," kata Nyalla menjawab pertanyaan wartawan seusai acara yang berlangsung siang hari ini.

Tekad tersebut, menurut Ketua Umum MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur ini, merupakan aspirasi dari masyarakat. Berdasar masukan yang ia terima selama turun ke daerah, mayoritas penduduk menginginkan figur pemimpin yang berlatarbelakang seorang pengusaha dibanding yang lain.

"Semua tahu, apa yang sebenarnya diinginkan oleh masyarakat. Sebab, saya telah berkeliling ke daerah-daerah dan mereka menginginkan figur yang sama. Yakni, seseorang yang berasal dari pengusaha," kata pria yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jatim ini.

Sehingga, ia pun mengaku optimis untuk memenangkan persaingan dengan bakal calon gubernur lain, sekalipun juga mendaftar di partai berlambang mercy ini. "Banyak yang daftar di Partai Demokrat, saya biasa saja. Saya siap bersaing," kata pria lulusan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya ini.

Nyalla memang menjadi Bacagub ketiga yang mendaftar di partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini. Sebelumnya, juga ada nama Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf dan Wakil Ketua DPP Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf yang mendaftar untuk posisi yang sama.

Selain dua nama tersebut, ada pula figur yang berasal dari kalangan birokrat, yakni Kepala Inspektorat Jatim, Nurwiyatno, yang juga mendaftar sehari sebelumnya. Cak Nur mendaftar untuk dua jabatan, yakni gubernur dan wakil gubernur.

Namun, pria yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ini menjadi Bacagub pertama yang berlatar belakang pengusaha, maju melalui Partai Demokrat. Sebab, beberapa bacagub sebelumnya merupakan politisi dan seorang birokrat.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help