SuryaMalang/

Malang Raya

Ribuan Peserta Gelombang II PMB Universitas Muhammadiyah Malang Jalani Tes

"Selain tes akademik pada umumnya, kami tambah tes pengetahuan pendidikan agama Islam dan Bahasa Arab, sebanyak 30 persen dari total tes," jelasnya

Ribuan Peserta Gelombang II PMB Universitas Muhammadiyah Malang Jalani Tes
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Peserta gelombang II PMB UMM menjalani tes tulis di kampus III UMM, Senin (17/7/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Sebanyak 7.393 peserta penerimaan mahasiswa baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senin (17/7/2017) menjalani tes tulis di kampus III UMM.

Tes tulis akademik itu tidak berbeda dari tahun sebelumnya. Namun menurut Wakil Rektor 1 UMM, Prof Syamsul Arifin MSi, mulai tahun ini ada tambahan tes pengetahuan dasar untuk pendaftar Fakultas Agama Islam.

"Selain tes akademik pada umumnya, kami tambah tes pengetahuan pendidikan agama Islam dan Bahasa Arab, sebanyak 30 persen dari total tes," jelasnya pada SURYAMALANG.COM.

Pada gelombang I sebelumnya, UMM sudah menerima sekitar 2.800 mahasiswa.

"Total yang kami terima sekitar 7.000-7.500. Jumlahnya tidak berubah drastis dari tahun lalu karena disesuaikan dengan kemampuan SDM dan infrastruktur UMM," kata Syamsul.

Pembangunan gedung kuliah bersama (GKB) 4 diperkirakan sudah selesai pada September 2017. Saat ini juga sudah dipakai untuk tes di lantai 4-9, ada sekitar 1.800 peserta.

"Masih ada bagian yang harus diselesaikan. Yang jelas September sudah bisa digunakan untuk perkuliahan, jadi kami bisa menambah kuota mahasiswa," ujarnya.

Jumlah peminat UMM juga cenderung stabil bahkan meningkat. Tahun lalu ada sekitar 25.000 pendaftar sampai gelombang III dan tahun ini ada sejumlah 24.869 peserta hingga gelombang II.

"Peminat yang stabil ini menunjukkan kepercayaan masyarakat pada UMM yang masih baik. Tren jumlah pendaftar ini juga terhitung baik untuk PTS," tambahnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help