SuryaMalang/

Malang Raya

Tak Ingin Kendaraan Digondol Maling, Coba Pakai Alat Ini, Harganya Cukup Murah Kok

M Nur Fajri SPd ST mengembangkan sistem pengaman dengan cara memutus aliran listrik di kendaraan. Fajri juga menambah password pada sistem keamanannya

Tak Ingin Kendaraan Digondol Maling, Coba Pakai Alat Ini, Harganya Cukup Murah Kok
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Dosen Politeknik Kota Malang (Poltekom), Muhammad Nur Fajri SPd ST menunjukkan alat pengaman kendaraan bermotor berpassword buatannya, Senin (17/7/2017). 

SURYAMALANG.COM, KEDUNGKANDANG – Pemilik tidak perlu khawatir kendaraan bermotornya hilang digondol maling lagi.

Dosen Politeknik Kota Malang (Poltekom), M Nur Fajri SPd ST mengembangkan sistem pengaman dengan cara memutus aliran listrik di kendaraan. Fajri juga menambah password pada sistem keamanannya.

“Saya beri nama pengaman motor berpassword berbasis mikro kontroler ATmega16. Basisnya adalah robot dengan aktuator sehingga dapat menjalankan sesuai perintah,” kata Fajri kepada SURYAMALANG.COM, Senin (17/7/2017).

Output yang dikontrol oleh mikrokontroller pada alat tersebut adalah berupa relay, yaitu membuka dan menutup atau switching. Jika salah memasukkan password pada keypad, maka mesin tidak bisa menyala karena tidak ada aliran listrik.

“Meskipun pencuri sudah membuka kunci pintu mobil atau memecahkan kaca, mereka tidak bisa menyalakan mesinnya,” jelas pria yang sedang menempuh studi S2 di Universitas Brawijaya itu.

Relay dipasang pada kabel busi yang terhubung dengan mikrokontroller yang dilengkapi keypad untuk memasukkan password. Pria asal Bondowoso itu merakit sendiri alat tersebut dalam waktu sekitar 3 hari.

“Kalau ingin membuat sendiri, cukup mudah dan murah. Biayanya tidak sampai Rp 150.000,” ujar Fajri.

Alat tersebut pun sudah beroperasi 100 persen sesuai harapan. Bahkan sempat ada perusahaan yang menawar untuk memproduksi massal karyanya. Fajri pun mempersilakan tanpa memungut biaya apapun. Namun pabrik tersebut mengubahnya menjadi alat pengaman rumah.

“Jika ada yang ingin memproduksi massal, silakan. Saya akan beri blueprint dan programnya. Intinya saya ingin alat ini bermanfaat untuk orang banyak. Apalagi sekarang pencuri sudah semakin canggih dan mengikuti teknologi,” tuturnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help