SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Wih . . . Untuk Latihan Operasional Mobil Tangga, Pemkot Batu Datangkan Operator dari Turki

Namun, butuh waktu sebentar untuk bisa mengoperasionalkan mobil tangga ini. Sebab, hampir semua tombol sudah ada penjelasan sesuai penggunaan.

Wih . . . Untuk Latihan Operasional Mobil Tangga, Pemkot Batu Datangkan Operator dari Turki
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Pelatihan operasional mobil tangga di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Senin (17/7/2017). 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - 30 anggota Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu ikut pelatihan mengoperasikan mobil tangga jenis Aerial Lader di Balai Kota Among Tani, Senin (17/7/2017).

Pelatihan ini menghadirkan dua operator dari Turki, yaitu Haytham Zeinelabdin dan Muharrem Ozsoy. Dua orang ini memberi pelatihan kepada anggota pemadam kebakaran agar bisa mengoperasionalkan mobil sesuai prosedur.

Haytham mengatakan mobil tangga ini dikendalikan secara otomatis. Makanya operator harus mengetahui cara memakainya.

Namun, butuh waktu sebentar untuk bisa mengoperasionalkan mobil tangga ini. Sebab, hampir semua tombol sudah ada penjelasan sesuai penggunaan.

“Bahaya kalau salah menekan tombol. Seluruh angogta juga harus saling koordinasi,” kata Haytham kepada SURYAMALANG.COM.

Dia mencontohkan saat mengeluarkan selang untuk memadamkan api. Harus ada dua orang yang bertugas. Satu mengontrol tombol untuk melepas selang. Sedangkan satu orang lagi memegang selang untuk diarahkan ke titip api.

Begitu juga saat mengontrol air yang keluar dari tangki. Bila air dalam tangki sudah akan habis, harus ada mobil pemadam lain yang membantu.

“Dalam bagian ini harus ada yang mengontrol air bisa keluar secara lancar atau tidak. Jangan sampai ketika selang sudah dikeluarkan tetapi masih dalam keadaan tertutup,” terangnya.

Mobil tangga senilai Rp 9,4 miliar ini bisa menampung sampai 1.500 liter air. Mobil ini memiliki kelebihan dibandingkan mobil pemadam lainnya. Mobil ini mampu menjangkau gedung setinggi 24 meter.

Kepala Bidang Operasional Kebakaran, Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu, Santoso Wardoyo mengatakan 30 orang yang ikut pelatihan ini akan diseleksi lagi. Nantinya hanya 12 orang yang akan dipilih untuk mengoperasionalkan mobil tangga ini.

“Dalam pelatihan ini, bisa diketahui anggota yang akan mengoperasionalkan mobil atau mengontrol air,” kata Santoso.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help