SuryaMalang/

Malang Raya

Gak Nyangka, Ternyata Benda Warna Hitam Ini Bisa Sembuhkan Asma

Asma masih menjadi masalah kedokteran yang belum selesai. Belum ada cara atau obat yang bisa menyembuhkan asma secara tuntas.

Gak Nyangka, Ternyata Benda Warna Hitam Ini Bisa Sembuhkan Asma
net
Jintan hitam. 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU – Asma masih menjadi masalah kedokteran yang belum selesai. Belum ada cara atau obat yang bisa menyembuhkan asma secara tuntas.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB), Dr dr Wisnu Barlianto MSi Med SpA(K) mengatakan selama ini obat asma hanya mengendalikan agar pasien tidak kambuh. Biasanya obat harus digunakan setiap hari, misalnya kortikosteroid inhalasi.

“Belum ada yang bisa menyembuhkan asma secara tuntas. Kalau obat pereda tidak dipakai atau dikonsumsi, asma akan muncul lagi,” ujar Wisnu kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (23/7/2017).

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB), Dr dr Wisnu Barlianto MSi Med SpA(K).
Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB), Dr dr Wisnu Barlianto MSi Med SpA(K). (SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah)

Wisnu pun mencoba meneliti efektivitas jintan hitam terhadap pasien penyakit asma. Jintan hitam memiliki kandungan bahan aktif thymoquinon yang memiliki kemampuan sebagai imunomodulator, anti inflamasi, dan bronkodilator.

“Imunomodulator adalah fungsi mengatur respon imun agar seimbang dan alergi, misalnya berupa asma, tidak bisa muncul. Sedangkan bronkodilator berfungsi melebarkan saluran pernafasan saat penyempitan,” jelas pria kelahiran 26 Juli 1973 itu.

Efek lengkap jintan hitam berbanding dengan hasil penelitiannya. Ketika diujikan pada hewan dan manusia, hasilnya cukup terlihat.

“Hasil klinisnya cukup baik untuk memperbaiki gejala asma, mengurangi agar tidak kambuh, dan menyeimbangkan respon imun. Saluran napas juga tidak menyempit,” terang dokter spesialis alergi anak itu.

Jintan hitam juga aman dikonsumsi secara rutin. Sebab, memiliki bahan aktif yang mengobati sehingga menghancurkan bahan aktif berefek buruk.

“Jintan hitam diekstrak menjadi minyak lalu dimasukkan dalam kapsul 600 mg. Untuk anak cukup sekali dalam sehari,” terangnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help