SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Toko Modern di Kota Batu Banyak yang Tak Miliki Izin Usaha Toko Modern

"Terakhir itu tahun 2016. Hanya ada empat toko modern saja yang punya IUTM dan menjual produk lokal," kata Agus, Selasa (25/7/2017).

Toko Modern di Kota Batu Banyak yang Tak Miliki Izin Usaha Toko Modern
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Salah satu toko modern di Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - Sejumlah toko modern di Kota Batu ada yang tidak memiliki Izin Usaha Toko Modern (IUTM). Namun, toko modern tersebut masih bisa beroperasi meski hanya mengantongi izin usaha saja.

Merujuk pada Perwali nomor 36, yang salah satunya mengatur bahwa toko modern harus memiliki IUTM dengan menjual konten lokal. Konten lokal yang dimaksud ialah produk UMKM.

Kabid Pelayananan dan Perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Kota Batu, Agus Bhaskara, mengatakan IUTM itu tidak hanya untuk toko modern saja, tetapi juga untuk pasar tradisional. Di tahun 2017 ini, belum ada toko modern yang mengurus IUTM.

"Terakhir itu tahun 2016. Hanya ada empat toko modern saja yang punya IUTM dan menjual produk lokal," kata Agus, Selasa (25/7/2017).

Padahal, lanjut dia, IUTM ini merupakan kebijakan lokal agar menyediakan pansa pasar untuk produk UMKM. Agus mengatakan, toko modern yang tidak mengurus IUTM ini karena tidak mampu untuk menjual konten lokal.

"Ada yang berusaha untuk mengurus IUTM, dan menjual produk lokal, tetapi kalau tidak kuat bersaing harga dampaknya banyak yang tutup," imbuh Agus.

Tiga toko modern yang memiliki IUTM di antaranya ialah Hypermart. Dikatakannya, seharusnya, IUTM itu wajib dimiliki setiap toko modern. Namun, karena masih belum kuat dan sosialisasi yang kurang, maka IUTM hanya dijadikan sebagai syarat kedua setelah mengurus izin usaha untuk toko modern.

Dikatakannya, adanya IUTM ini untuk meningkatkan produk UMKM juga. Jadi di samping adanya Toko Modern baru, produk UMKM tetap terangkat, dengan dijual di toko modern.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help