SuryaMalang/

Travelling

Beruntung Banget Mahasiswi UB Malang Ini, Hobi Jalan-Jalan Mengantarkannya ke Amerika Serikat

Awalnya saya cuma mereview beberapa tempat di sekitar saya di Google Maps. Terus ada notifikasi untuk mengajak saya bergabung dengan Local Guide

Beruntung Banget Mahasiswi UB Malang Ini, Hobi Jalan-Jalan Mengantarkannya ke Amerika Serikat
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Mutiah Abdat 

SURYAMALANG.COM, BATU - Siapa yang tidak suka jalan-jalan. Janganlah sekedar jalan-jalan saja, tapi 'oleh-oleh' dari jalan-jalan itu diposting di Google Maps. Seperti yang dilakukan oleh anggota dari Indonesia Local Guide, Mutiah Abdat (23).

Mutiah sudah sejak 2015 gabung dalam Local Guide, dan ia tahun ini terpilih menjadi salah satu perwakilan Indonesia untuk Konferensi Besar di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Keberuntungan itu ia dapatkan karena ia dipilih langsung oleh Google. Ia dipilih oleh Google Maps karena ia mereview lokasi-lokasi untuk membantu Google Maps menentukan lokasi di beberapa tempat. Mutiah sebagai anggota Local Guide ini mereview dan ikut berkontribusi di Google Maps.

"Awalnya saya cuma mereview beberapa tempat di sekitar saya di Google Maps. Terus ada notifikasi untuk mengajak saya bergabung dengan Local Guide," kata Mutiah saat diwawancarai dalam acara Meet Up Nusantara di Balai Kota Among Tani, Sabtu (5/8/2017) malam.

Sejak itu, kontribusi dia di Google Maps diapresiasi oleh Google. Karena yang ia upload ialah lokasi berdasarkan pada sebenarnya. Mulai dari alamat, detail lokasi, dan foto. Bergabung dengan Local Guide bagi dia juga menguji kejujuran. Karena, banyak yang upload dan mereview suatu tempat tetapi tidak sesuai dengan fotonya.

"Semisal ada yang upload Alun-Alun Batu. Tetapi kok fotonya malah foto iklan. Nah dari situ kita bisa ikut berkontribusi. Klik saja kalau tidak sesuai. Ada pilihannya nanti," tutur mahasiswi Universitas Brawijaya (UB) Malang itu.

Nantinya, Mutiah bersama dengan orang terpilih dari 37 negara akan bertemu di San Francisco selama 4 hari, akan membahas perkembangan tentang Google. Karena sejauh ini, kelemahan Google ialah tidak bisa memfilter foto sesuai lokasi. Mutiah juga tidak menyangka, gadis asal Kota Malang terpilih mewakili Indonesia bersama 5 orang lainnya.

"Ikut Local Guide ini membantu orang-orang yang memang membutuhkan mencari lokasi. Kita juga bisa membantu Google kalau ada lokasi yang salah," imbuh mahasiswa Fakultas Teknik ini.

Local Guide ini tugasnya ialah mereview lokasi di Google Maps. Tak hanya itu, juga bisa berkontribusi untuk membenarkan lokasi di Google Maps. Selama Jumat (4/8/2017) hingga hari ini Minggu (6/8/2017) anggota Local Guides berkumpul untuk Meet Up Nusantara di Kota Batu.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help