SuryaMalang/
Home »

Techno

» Apps

Malang Raya

Pemohon Paspor Tak Perlu Antre Lama di Kanim Malang Lagi, Cukup Pakai Aplikasi Ini

Melalui aplikasi itu, pemohon mendaftar sesuai identitas di KTP. Setelah itu pemohon mengisi mulai tanggal, waktu, dan jumlah pemohon paspor.

Pemohon Paspor Tak Perlu Antre Lama di Kanim Malang Lagi, Cukup Pakai Aplikasi Ini
SURYAMALANG.COM/Sri Wahyunik
Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Malang, Novianto Sulastono dan poster aplikasi antrean online bagi pemohon paspor. 

SURYAMALANG.COM, BLIMBING – Masalah antrean panjang mengurus paspor di Kantor Imigrasi (Kanim) Malang selesai mulai 7 Agustus 2017.

Sekarang Kanim Malang mulai menerapkan aplikasi layanan  antrean Online. Aplikasi ini bisa ditemukan di playstore ponsel android dan IOS. Aplikasi bernama ‘Antrian Paspor’ itu bergambar buku paspor warna hijau dengan tulisan Republik Indonesia di sisi atas. Juga ada tulisan Paspor Online di sisi bawah.

“Kanim Malang baru menerapkan aplikasi ini mulai hari ini. Ada 18 Kanim yang menerapkan aplikasi ini per 7 Agustus secara bersamaan,” ujar Novianto Sulastono, Kepala Kanim Malang kepada SURYAMALANG.COM, Senin (7/8/2017).

Kanim Malang baru sosialisasi aplikasi ini baru kepada pemohon mulai hari ini.

Aplikasi ini diujicobakan selama tiga bulan di Kanim Jakarta Selatan. Hasilnya, tidak ada lagi pemohon paspor yang mendaftar secara manual, atau antre lama di Kanim Jakarta Selatan. Semua pemohon mengantre melalui aplikasi tersebut.

“Kanim Malang dipilih karena termasuk kantor yang pemohonnya banyak. Rata-rata ada sekitar 200 pemohon di sini,” imbuh pria yang akrab dispaa Tonton itu.

Melalui aplikasi itu, pemohon mendaftar sesuai identitas di KTP. Setelah itu pemohon mengisi mulai tanggal, waktu, dan jumlah pemohon paspor.

Dalam aplikasi itu juga terlihat jumlah kuota yang tersisa. Setelah itu pemohon bisa melihat jadwal kapan harus datang ke Kanim untuk membuat paspornya.

Pemohon diberi waktu sejam untuk mengurus paspor, yaitu mulai pukul 08.00 -09.00 WIB, pukul 09.00-10.00 WIB, dan seterusnya.

“Melalui aplikasi ini, pemohon tidak perlu datang ke Kanim pukul 07.00 WIB, apalagi sampai datang pukul 05.00 WIB hanya untuk antre daftar. Padahal waktu pendaftaran dimulai pukul 07.30 WIB,” tegas Tonton.

Ketika dijadwalkan mengurusi paspor pada 8 Agustus 2017 pukul 09.00-10.00 WIB, pemohon cukup datang 15 sebelum waktu yang ditentukan. Setelah itu pemohon menunjukkan jadwal di aplikasi di ponselnya. Selanjutnya tinggal menunggu mengurus paspor.

Petugas menargetkan bisa melayani 10 orang dalam waktu sejam itu.

“Aplikasi murni untuk memangkas antrean yang itu sering menjadi keluhan masyarakat,” imbuhnya.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help