SuryaMalang/

Malang Raya

Wafle ala Mahasiswa Universitas Negeri Malang Bisa Tingkatkan Penguasaan Konsep Fisika

Izzah mengatakan penelitian ini bermula dari jumlah rombongan belajar (rombel) di sekolah Indonesia yang sampai 45 siswa.

Wafle ala Mahasiswa Universitas Negeri Malang Bisa Tingkatkan Penguasaan Konsep Fisika
istimewa
Penelitian tentang pembelajaran fisika di sebuah sekolah di Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - 14 tim Universitas Negeri Malang (UM) lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Di antara tim itu adalah Izzah Zahrona dan teman-temannya.

Tim ini meneliti sosial humaniora tentang Wafle: Web Based Assessment For Learning Menggunakan Aplikasi Go Formative Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa.

Izzah mengatakan penelitian ini bermula dari jumlah rombongan belajar (rombel) di sekolah Indonesia yang sampai 45 siswa. Akibatnya, guru sulit mendapat feedback satu per satu siswa.

“Pasti ada siswa yang malu bertanya. Mungkin tadi ada yang sudah bertanya, namun dia belum mengerti,” kata Izzah kepada SURYAMALANG.COM, Senin (7/8/2017).

Mahasiswi semester 7 FMIPA UM ini menambahkan jika masalah ini dibiarkan, siswa tidak mendapat pemahaman utuh pada pelajaran fisika.

“Makanya perlu inovasi untuk proses belajar mengajar,” ujarnya.

Tim meneliti sebuah sekolah mulai Maret sampai pertengahan Juli 2017. Pokok bahasan yang diteliti meliputi gerak harmonik sederhana. Instrumen yang digunakan meliputi materi, soal-soal tes dan evaluasi, serta link-link terkait pembelajaran, seperti gambar dan video, di-input ke dalam go formative. 

Kemudian penguasaan konsep fisika siswa diukur melalui instrumen tes berupa soal pilihan ganda beserta alasan sebanyak 20 soal dan dilakukan validasi oleh dua orang dosen.

Analisis penelitian dan pengembangan ini mengkaji setidaknya tiga aspek kunci yaitu pertama, penguasaan konsep fisika siswa, kedua, penerapan assessment for learning, ketiga, penggunaan waffle sebagai media pembantu penilaian dan pemberian feedback.  

Analisa yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep fisika siswa yang menggunakan penerapan assessment for learning berbantuan web go formative pada materi gerak harmonik sederhana lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. 

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help