SuryaMalang/

Malang Raya

Kegiatan Pajak Bertutur di Universitas Negeri Malang Tanamkan Kesadaran Pajak Sejak Dini

Kepala Kanwil DJP Jatim III, Rudy Gunawan Bastari mengatakan gerakan awal ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran pajak sejak dini.

Kegiatan Pajak Bertutur di Universitas Negeri Malang Tanamkan Kesadaran Pajak Sejak Dini
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Kuliah umum dari Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui live streaming serentak di seluruh Indonesia juga dilakukan di Universitas Negeri Malang dalam acara Pajak Bertutur 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Direktorat Jenderal Pajak bekerja sama dengan Kemendikbud dan Kemenristekdikti mengadakan gerakan Pajak Bertutur serentak di seluruh Indonesia, Jumat (11/8/2017).

Kanwil DJP Jawa Timur III mengadakan kegiatan itu di 67 sekolah mulai jenjang SD hingga SMA. Kegiatan itu juga dilengkapi kuliah umum dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani, serentak dari kantor Direktorat Jenderal Pajak Jakarta, yang disiarkan langsung di Universitas Negeri Malang (UM).

Kepala Kanwil DJP Jatim III, Rudy Gunawan Bastari mengatakan gerakan awal ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran pajak sejak dini.

"Kami sampaikan lewat integrasi materi kesadaram pajak dengan pendidikan. Sehingga targetnya adalah menjadikan generasi muda Indonesia sadar pajak," jelasnya pada SURYAMALANG.COM.

Pada 2045, lanjutnya, ketika Indonesia 100 tahun merdeka, bonus demografis anak muda jumlahnya besar. Bahkan hingga lebih dari separuh jumlah penduduk total.

"Mereka ini adalah target bayar pajak. Apalagi 80 persennya adalah kelas menengah," tambahnya.

Kanwil DJP Jatim III sebenarnya telah melakukan kegiatan penanaman kesadaran pajak sejak lama. Salah satunya adalah keterbukaan untuk kunjungan dari sekolah ke Kanwil.

"Kami juga terbuka sebagai lokasi riset dan magang," ujarnya.

Ia berharap, edukasi kesadaran pajak sejak dini ini bisa meningkatkan penerimaan pajak di kemudian hari.

"Atau bisa juga para pelajar yang telah menerima edukasi dari kami, akan menceritakannya pada orangtua mereka sehingga membantu meningkatkan kesadaran dan penerimaan pajak," tuturnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help