SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Seribu Taman Bakal Hadir di Kota Batu, Konsep Pembangunannya Terserah Masyarakat

Sebanyak 1000 taman ini merupakan taman yang digarap oleh masyarakat, bukan Pemerintah Kota Batu.

Seribu Taman Bakal Hadir di Kota Batu, Konsep Pembangunannya Terserah Masyarakat
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Warga berfoto di taman Balai Kota Among Tani, Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Gagal Menyabet Piala Adipura 2017, membuat Kota Batu banyak berbenah, khususnya dalam hal pertamanan. Nantinya, kota berpredikat kota wisata ini akan membangun 1000 taman.

Sebanyak 1000 taman ini merupakan taman yang digarap oleh masyarakat, bukan Pemerintah Kota Batu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, jika taman dibangun oleh Pemkot Batu sudah pasti konsepnya akan disesuaikan dengan selera Pemkot.

Nah, untuk kali ini, sebanyak 1000 taman ini konsep pembangunannya disesuaikan dengan keinginan masyarakat yang bersangkutan.

"Konsepnya ini ialah gotong royong. Jadi sudah tidak lagi kami yang membangun, tetapi masyarakat," Arief, Jumat (11/8/2017).

Konsep gotong royong ini, lanjut dia, untuk mengajak masyarakat juga bekerja bersama-sama meningkatkan taman di Kota Batu. Taman ini bisa dibuat di mana saja, di semua wilayah di Kota Batu. Bisa di pinggir jalan milik desa/kelurahan.

Tak hanya itu, nantinya taman ini juga diwajibkan diterapkan di sekolah, pelaku usaha, hotel, tempat wisata, dan tak lupa juga di Balai Kota Among Tani.

Arief mengatakan, peran Pemkot ini hanya memfasilitasi daerah yang membutuhkan bantuan seperti pupuk, bibit, bunga, pot, dan lainnya. Yang diutamakan dalam 1000 taman ini ialah mengusung ide dari masyarakat melalui RT/RW setempat.

"Agar masyarakat mampu membuat taman menyesuaikan kriteria daerahnya masing-masing. Mempercantik daerahnya," imbuh mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu ini.

Ia mengatakan, manfaat dari pembangunan 1000 taman ini untuk mempercantik Kota Batu, kesehatan, peresapan. Sehingga Kota Batu memiliki standar tata kelola lingkungan. Baik penghijauan, jalan, sampah, kebersihan lingkungan dan limbah.

Jumlah Taman di Kota Batu saat ini ada 12 taman besar dan 30 taman kecil. Di antaranya, Taman Hutan Kota Bondas, Taman Kota Temas, Taman di Alun-Alun Kota Batu, Taman Wilis, Taman Ngaglik, dan lainnya. Selain itu, taman-taman yang sudah ada ini nanti juga dibutuhkan campur tangan dari masyarakat untuk ikut merawat.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help