SuryaMalang/

Malang Raya

Universitas Negeri Malang Sambut Baik Kegiatan Pajak Bertutur

Bu Menteri juga sudah menuturkannya secara langsung. Kebijakan fiskal yang digunakan juga seharusnya diarahkan pada intensifikasi dan ekstensifikasi

Universitas Negeri Malang Sambut Baik Kegiatan Pajak Bertutur
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Kegiatan Pajak Bertutur di Universitas Negeri Malang 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Wakil Rektor 1 bidang akademik Universitas Negeri Malang (UM), Prof Budi Eko Sucipto menyambut kegiatan Pajak Bertutur di kampus UM dengan terbuka.

Mantan Dekan Fakultas Ekonomi UM itu mengatakan sosialisasi pajak sangat penting karena negara membutuhkan pajak untuk membiayai pembelanjaan negara.

"Bu Menteri juga sudah menuturkannya secara langsung. Kebijakan fiskal yang digunakan juga seharusnya diarahkan pada intensifikasi dan ekstensifikasi pajak," tuturnya pada acara Pajak Bertutur di FE UM, Jumat (11/8/2017).

Intensifikasi, lanjutnya, adalah memaksimalkan pajak yang sebelumnya belum maksimal. Sedangkan ekstensifikasi adalah dengan menetapkan pajak untuk obyek yang sebelumnya tidak dikenakan pajak.

"Jika intensifikasi dan ekstensifikasi ini dilakukan dengan baik, saya yakin 70-75 persen kebutuhan belanja negara akan tertutup dengan penerimaan pajak," ungkap dia.

Kebijakan fiskal di bidang perpajakan juga sudah dilakukan di jalur yang benar. Namun, masyarakat hanya perlu meningkatkan partisipasi mereka terhadap pajak.

Ia menuturkan, kesasaran di masyarakat dan mahasiswa bahwa pajak digunakan untuk membiayai pengeluaran negara, harus ditanamkan sejak dini.

"Selain itu, kita semua sebagai masyarakat harus bersama-sama mengawasi penggunaan pajak," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Budi juga mengatakan mekanisme dan sistem pajak harus diperbaiki. Meski selama ini kebijakan mempermudah pembayaran pajak sudah terlaksana dengan baik.

"Ada beberapa sistem pelaporan pajak yang kurang pas. Beberapa pengeluaran kena pajak ada saja yang masih belum terlaporkan meskipun telah terpotong setiap tahunnya," tutupnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help