SuryaMalang/

KPK Geledah Balai Kota Malang

Anggota DPRD Kota Malang akan Diperiksa KPK, Ini Nama-Nama yang Dipanggil

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalan konferensi pers di gedung KPK, Jumat (11/8/2017) pemeriksaan saksi dilakukan di Kota Malang.

Anggota DPRD Kota Malang akan Diperiksa KPK, Ini Nama-Nama yang Dipanggil
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat mengeladah ruangan Balai Kota Malang, Rabu (9/8/2017). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - KPK nampaknya akan tetap tinggal dan menjalani aktivitas cukup lama di kota Malang. Mulai pekan depan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memeriksa sejumlah saksi.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalan konferensi pers di gedung KPK, Jumat (11/8/2017) pemeriksaan saksi dilakukan di Kota Malang.

"Mulai pekan depan akan dilakukan pemanggilan saksi-saksi. Saksi yang dimintai keterangan antara lain anggota DPRD Kota Malang," ujar Febri.

Penyidik KPK rupanya memilih Polres Malang Kota sebagai lokasi pengambilan keterangan dari para saksi itu. 

Dari informasi yang dihimpun SURYAMALANG.COM, 23 orang saksi bakal dimintai keterangan pekan depan mulai Senin (14/8/2017) sampai Rabu (16/8/2017). Mereka yang dimintai keterangan adalah anggota Badan Anggaran DPRD Kota Malang.

Salah satu anggota dewan yang termasuk dalam daftar pemanggilan saksi adalah Subur Triono. Subur mengakui hal itu. "Ya, kabarnya begitu. Saya belum membaca suratnya sendiri, cuma diberitahu oleh Sekwan kalau ada pemanggilan, termasuk buat saya," ujar Subur kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (12/9/2017).

Ia masuk dalam daftar pemanggilan Selasa (15/8/2017). Namun ia tidak mengetahui jam berapa pemanggilan dilakukan.

"Kalau nama-nama siapa saja yang dipanggil, tolong konfirmasi ke Sekwan saja karena suratnya masuk kesana," lanjutnya.

Subur mengaku tidak memiliki persiapan apapun menghadapi pemanggilan itu. "Ngalir saja, saya mengikuti pertanyaan dari KPK saja," lanjut Subur.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Malang Bambang Suharijadi tidak bisa dihubungi, Sabtu (12/7/2017). Sabtu merupakan hari libur di gedung dewan. Bambang tidak menjawab panggilan telepon di nomor selulernya.

Ke-23 nama yang dipanggil KPK sebagai saksi itu semuanya ketua, sekretaris, dan anggota Badan Anggaran DPRD Kota Malang. Mereka berasal dari sejumlah faksi. M Arief Wicaksono termasuk dalam daftar yang dipanggil sebagai saksi itu.

Selain Arief, nama lain yang dipanggil antara lain Bambang Sumarto, Abdul Hakim, Suprapto, Mohan Katelu, Yaqud Ananda Gudban, Hm Zainudin, Rahayu Sugiarti, juga Sulik Lestyowati.

Saat SURYAMALANG.COM mencoba menghubungi Bambang Sumarto dan Yaqud Ananda Gudban melalui sambungan telepon, keduanya tidak bisa dihubungi.

Sebelumnya Arief Wicaksono yang sudah menyatakan mundur dari jabatan Ketua DPRD Kota Malang mengatakan pernah dipanggil tiga kali oleh penyidik KPK. 'Semuanya menjadi saksi," ujarnya. Meskipun sudah ditetapkan sebagai tersangka, dia belum dipanggil dalam pemeriksaan sebagai tersangka.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help