SuryaMalang/

Malang Raya

Penelitian Mahasiswa UM Ini BisaJadi Solusi Cara Belajar Pelajaran Fisika Siswa

PKM berjudul Wafle: Web-Based Assessment for Learning Menggunakan Aplikasi Go Formative untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Lolos Pimnas

Penelitian Mahasiswa UM Ini BisaJadi Solusi Cara Belajar Pelajaran Fisika Siswa
ISTIMEWA
Proses belajar mengajar menggunakan Web-Based Assessment for Learning dengan Aplikasi Go Formative kepada sejumlah siswa. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Berawal dari keresahan banyaknya pelajar yang merasa ‘ketakutan’ saat menghadapi pelajaran fisika dan tidak adanya timbal balik dari guru dalam proses belajar fisika, empat mahsiswa Universitas Negeri Malang mendesain Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) agar pelajar senang belajar fisika.

Mereka adalah Izzah Zahrona, Firza Labiba Audah, Himmatul Ulya Alfaratri Syachofina, Atik Masrukhah, dan Rifky Muzaki 

“Dari observasi yang kami tinjau saat tugas kuliah menunjukkan kalau guru jarang memberikan feedback. Begitu siswa menyerahkan tugas, dikoreksi lalu dibagikan nilai tanpa memberi tahu jawaban ini atau itu yang benar,” kata Himmatul Ulya Alfaratri Syachofina, Sabtu (12/8/2017).

PKM berjudul Wafle: Web-Based Assessment for Learning Menggunakan Aplikasi Go Formative untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa pun lolos ke Pimnas yang akan diselenggarakan di Kota Makassar pada 23 Agustus mendatang. PKM itu juga dipastikan mendapat pendanaan dari Dikti.

PKM ini terbilang unik karena memadukan teknik pengajaran dengan teknologi internet. Izza dan kawan-kawannya memanfaatkan laman seb goformative.com untuk proses belajar mengajar.

“Anak jaman sekarang kan suka tentang internet, jadi dengan belajar lewat web, ternyata mereka lebih senang belajar fisika,” tambah Ratri, sapaan akrab Himmatul Ulya Alfaratri Syachofina.

Asesmen formatif atau asssessment for learning merupakan penilaian hasil belajar yang memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa “telah terbentuk” setelah mereka mengikuti kegiatan belajar mengajar pada selang waktu tertentu. Menurut Ratri, terbentuknya siswa karena juga adanya interaksi antara guru dengan murid.

“Jadi dengan metode pembelajaran lewat web ini, missal ada murid yang sakit, dia tetap bisa belajar dari rumah dan bisa langsung berinteraksi dengan gurunya,” ujar gadis asal Jember itu.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan itu, mereka memperoleh nilai rata-rata penguasaan konsep fisika siswa lebih baik saat menggunakan assessment for learning berbantuan web go formative. Menurut Ratri, hal itu menunjukkan adanya perbedaan yang cukup signifikan antara siswa yang menggunakan assessment for learningberbantuan web go formative dan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung.

“Maka, dapat disimpulkan bahwa assessment for learning berbantuan web go formative berpengaruh terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X MIA MAN 1 Malang tahun pelajaran 2016/2017,” pungkasnya.

Ratri dan kawan-kawannya berharap PKM yang ia usun bisa bermanfaat pada proses pembelajaran di kemudian hari. Apalagi untuk ilmu fisika, sehingga nantinya pelajar tidak meraka ‘takut’ ketika harus belajar fisika.

Penulis: Benni Indo
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help