Malang Raya

Roadshow Pahlawan Digital Ajari UMKM di Malang Raya Tentang Promosi di Media Sosial

"Sementara ini saya masih sendirian mengatur segala sesuatu sekaligus mengelola media sosial, jadi memerlukan ilmu dan trik untuk lebih fokus,"

Roadshow Pahlawan Digital Ajari UMKM di Malang Raya Tentang Promosi di Media Sosial
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Acara roadshow Pahlawan Digital untuk memfasilitasi dan edukasi UMKM Go Online di Aula UIN Maliki, Senin (4/9/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Dini Rahmawati dan sekitar 700 pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Malang Raya berkumpul di Aula UIN Maulana Malik Ibrahim dalam acara roadshow Pahlawan Digital, Senin (4/9/2017).

Pemilik UMKM kerajinan rajut itu sangat serius mendengarkan workshop dari salah satu pembicara yang juga pemilik UKMMalang.com, Adi Saraceno tentang marketing melalui media digital.

"Sebenarnya sejak 2009 sudah memasarkan produk di Facebook, tapi kadang tidak fokus untuk mengelola media sosial sehingga banyak pelanggan yang terbengkalai," katanya pada SURYAMALANG.COM.

Padahal, jika ia bisa mengelola media sosial dengan baik, ia yakin potensi jual kerajinan rajutnya akan lebih besar.

"Sementara ini saya masih sendirian mengatur segala sesuatu sekaligus mengelola media sosial, jadi memerlukan ilmu dan trik untuk lebih fokus," harap dia.

Dalam workshop tersebut, Adi Saraceno menekankan pada hal penting yang harus dipahami pengusaha dalam pemasaran lewat media digital.

"Ada 4 jurus, 3P+1C. Yaitu product, packaging, photography product, dan copyrighting," jelasnya.

Sejauh ini, menurut data yang ia dapat, sudah ada sekitar 30 persen UMKM Malang Raya yang melakukan hal itu untuk pemasaran di medsos dengan baik.

"Sayangnya kesalahan umum UMKM adalah tidak mengetahui target pasar, siapa pelanggan mereka. Kebanyakan hanya menjual produk yang mereka bisa buat tanpa mengetahui akan dipasarkan kemana. Lama kelamaan yang seperti ini akan bankrut," tutur Adi.

CEO Firda Cake and Bakery itu mengatakan jika sudah terlanjur seperti itu, UMKM harus berusaha membuat varian produk yang dibutuhkan pasar.

"Risetnya dari kompetitor, bagaimana mereka bisa sukses, dan lain sebagainya," jelasnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help