SuryaMalang/

Malang Raya

Universitas WIdyagama Malang Kenalkan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara ke Mahasiswa Baru

UWG hadirkan Wakil Komandan Belanegara Rindam V/Brawijaya, Mayor Infanteri Khamim Thohari SSos MSi memberikan materi kehidupan berbangsa dan bernegara

Universitas WIdyagama Malang Kenalkan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara ke Mahasiswa Baru
SURYAMALANG.COM/ Neneng Uswatun Hasanah
Kegiatan Prospek mahasiswa baru di UWG, Senin (4/9/2017). 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Pekan orientasi studi dan pengenalan kehidupan kampus (Prospek) dilaksanakan oleh Universitas Widyagama (UWG) Malang, Senin (4/9/2017).

Kegiatan itu menekankan pada pengenalan kehidupan berbangsa dan bernegara pada mahasiswa baru.

Tidak tanggung-tanggung, UWG menghadirkan Wakil Komandan Belanegara Rindam V/Brawijaya, Mayor Infanteri Khamim Thohari SSos MSi untuk memberikan materi kehidupan berbangsa dan bernegara pada maba.

"Degradasi wawasan kebangsaan, terjadi semakin cepat terutama di kalangan generasi muda. Hal ini akan membahayakan di era digitalisasi yang membuat masyarakat semakin mudah diprovokasi," ujar Khamim.

Ia melanjutkan ada 3 hal yang menjadi penyebab degradasi tersebut, antara lain posisi strategis Indonesia dalam perdagangan global, Indonesia yang masih belum terbebas dari krisis, dan nilai budaya yang semakin menipis.

"Cara mengatasinya adalah dengan menguatkan persatuan dan kesatuan, dan yang lebih penting lagi adalah menanamkan kembali rasa cinta tanah air pada generasi muda."

"Reformasi untuk suatu perubahan memang bagus, akan tetapi kebebasan yang kebablasan akan menjadi bumerang bagi diri sendiri,” tuturnya.

700 mahasiswa baru dari 4 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknik, mengikuti acara itu dengan bersemangat dan keaktifan tinggi.

“Saya bangga dengan antusiasme mahasiswa baru ini. Memang seperti itu seharusnya, mahasiswa tidak boleh mlempem, mahasiswa harus kritis dan tanggap dan harus jadi kontrol sosial," lanjut dia.

Prospek UWG tahun ini mengambil tema Membangun Karakter Akademis Mahasiswa Baru UWG yang Kreatif, Inovatif dan Kritis terhadap Lingkungan untuk Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Pancasila dalam Kebhinnekaan.

"Prospek akan berlangsung hingga 9 September 2017 yang diakhiri oleh UWG Berbagi. Di hari selanjutnya akan ada materi berkaitan bela negara, antara lain Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi," ujar Wakil Rektor 3 UWG, Dr Agus Tugas Sudjianto ST MT.

Selanjutnya, juga ada materi lain tentang kehidupan kampus.

Yaitu Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi, Program Kreativitas Mahasiswa, Etika dan Pengenalan Kehidupan Kampus, dan Sharing Story dari alumni sukses. 

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help