SuryaMalang/

Malang Raya

VIDEO : 12 Ribu Civitas Akademika Unisma Tandatangani Deklarasi Kebangsaan

Presiden Mahasiswa Unisma, Darmawandi mengawali penandatanganan dengan pembacaan deklarasi di depan mahasiswa baru.

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU – Sebanyak 12.819 civitas akademika Universitas Islam Malang (Unisma) menandatangani deklarasi kebangsaan bertema Mempertahankan Ideologi Pancasila dan Bentuk Negara Republik Indonesia, Rabu (6/9/2017).

Deklarasi yang juga sebagai penutupan Orientasi Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (Oshika) itu dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

Presiden Mahasiswa Unisma, Darmawandi mengawali penandatanganan dengan pembacaan deklarasi di depan mahasiswa baru.

Sementara itu, Saifullah Yusuf mengatakan deklarasi ini akan membawa manfaat besar bagi Indonesia.

Sebab, kampus menjadi lokasi berkembangnya paham ketidaksetujuan terhadap Pancasila.

“Deklarasi ini menunjukkan mahasiswa didorong menjadi seorang intelektual yang juga beriman dan bertaqwa serta cinta tanah air,” kata pria yang akrab disapa Gus Ipul itu kepada SURYAMALANG.COM.

Menurutnya, deklarasi tersebut menjadi jawaban konkrit pandangan luar mengenai kabar burung adanya paham radikalisme di kampus.

Unisma bisa menjadi inspirasi kampus lain untuk melakukan hal sama.

“Pemerintah menyambut baik adanya inisiatif kampus untuk ikut memberi pemahaman pada masyarakat untuk mengimplementasikan Pancasila di kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Penandatanganan itu juga tercatat di rekor MURI sebagai penandatanganan deklarasi kebangsaan oleh jumlah orang terbanyak selama sejarah.

“Ini adalah MURI ketiga Unisma. Sebelumnya ada khotmil Quran oleh 10.000 orang, dan mengenakan sarung saat kuliah oleh 10.000 mahasiswa,” jelas Prof Masykuri Bakri, Rektor Unisma.

Dia berharap deklarasi ini membuat mahasiswa semakin cinta pada tanah air dan mampu mempertahankan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

“Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pembiasaan cinta tanah air dan pendidikan kewarganegaraan,” tuturnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help