SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Terkait Insiden Keracunan Massal Usai Minum Susu, Ini Pernyataan KUD Nandhi Murni Kota Batu

"Biar tidak dibawa pulang, atau disimpan. Kan memang begitu dikirim ke sekolah, langsung dikonsumsi oleh siswa," kata Ismail saat ditemui, Kamis

Terkait Insiden Keracunan Massal Usai Minum Susu, Ini Pernyataan KUD Nandhi Murni Kota Batu
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Para siswa SDN Pandanrejo 1 Kota Batu dirawat di Puskesmas Bumiaji setelah keracunan susu, Rabu (6/9/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - KUD Nandhi Murni Kota Batu menyatakan susu yang diberikan kepada siswa memang bukan susu kadaluarsa, tetapi hanya saja tanggal masa berlakunya dimajukan.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KUD Kota Batu, Ismail Hasan. Ia menyatakan dengan dimajukan masa kadaluarsanya itu, dengan tujuan siswa segera meminum susu itu begitu diberikan oleh gurunya.

"Biar tidak dibawa pulang, atau disimpan. Kan memang begitu dikirim ke sekolah, langsung dikonsumsi oleh siswa," kata Ismail saat ditemui, Kamis (7/9/2017).

Padahal, jika membeli susu KUD Nandhi Murni di toko KUD di Alun-Alun Kota Batu, masa kadaluarsanya bahkan bisa lama.

Ada yang sampai delapan hari masa berlakunya. Saat SURYAMALANG.COM mencoba membeli susu KUD Nandhi Murni, tanggal kadaluarsanya masih tanggal 15 September.

"Kalau dijual di luar memang tanggal kadaluarsanya diperpanjang, karena untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas," imbuhnya.

Ditanya mengenai siswa yang keracunan sehabis minum susu Nandhi Murni, pihaknya justru bertanya jika memang keracunan, mengapa hanya sekitar 20 siswa saja. Saat itu, pada Rabu (6/9/2017) KUD mengirim sekitar 8000 cup ke sekolah SD, SMP di Bumiaji, Kota Batu.

Saat dikirim ke sekolah-sekolah, memang diberikan coolbox untuk menjaga temperatur susu agar tetap dingin. Namun, susu itu harus segera dikonsumsi begitu keluar dari kulkas sekitar 3-4 jam.

"Memang seharusnya disimpan di suhu 4 derajat celcius. Ya mungkin terlalu lama di luar kulkas," imbuhnya.

H Muhammad Sembodo, Manager KUD Kota Batu, menambahkan dalam sejam dalam sehari, produksi susu KUD bisa mencapai 10 ribu cup. Dalam setiap produksi tidak sampai ada sisa yang melebihi masa berlaku. Jikapun ada, harus diperlakukan sesuai SOP.

"Kami memiliki standar SOP sendiri yang memberlakukan susu itu jika sisa dan melebihi masa kadaluarsa," kata dia.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help