SuryaMalang/

Pilkada Kota Malang

KPU Resmi Tabuh Genderang Pilkada Kota Malang, Silakan Disimak Tahapan-Tahapannya . . .

"Karena ini di Kota Malang ya kita pakai Bahasa Malangan. Ode singkatan dari ongis demokrasi. Sam, seperti sudah diketahui khalayak berarti mas,"

KPU Resmi Tabuh Genderang Pilkada Kota Malang, Silakan Disimak Tahapan-Tahapannya . . .
Tribun Batam
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang memulai tahapan Pilkada Kota Malang 2018. Peluncuran tahapan Pilkada ini digelar di Hotel Ijen Suites Kota Malang, Jumat (8/9/2017) malam.

Secara nasional, tahapan Pilkada sudah dilakukan oleh KPU RI pada 14 Juni lalu.

"Sedangkan Kota Malang mulai 8 September 2017, menjadi tonggak dimulainya tahapan Pilkada di Kota Malang," ujar Deny Bachtiar, Komisioner KPU Kota Malang kepada SURYAMALANG.COM, Jumat (8/9/2017).

Peluncuran tahapan Pilkada juga diikuti dengan peluncuran jingle dan maskot Pilkada Kota Malang. Jingle Pilkada Kota Malang berjudul 'Gak Nyoblos Gak Mbois Ker'. Sedangkan maskotnya bernama 'Sam Ode', berupa singa.

"Karena ini di Kota Malang ya kita pakai Bahasa Malangan. Ode singkatan dari ongis demokrasi. Sam, seperti sudah diketahui khalayak berarti mas," imbuhnya.

Seiring diluncurkannya tahapan Pilkada, maka KPU Kota Malang bakal langsung bekerja. Masyarakat, lanjut Deny, juga bisa memantau tahapan Pilkada Kota Malang.

Tahapan itu antara lain sosialisasi, perekrutan PPK-PPS, penerimaan syarat dukungan calon perseorangan, juga pemutakhiran data pemilih.

Berikut tahapan lengkap Pilkada Kota Malang 2018, dimulai dari sosialisasi, pembentukan PPK dan PPS, pemutakhiran penetapan daftar pemilih, pembentukan KPPS, penyerahan syarat dukungan calon perseorangan, pendaftaran calon, penelitian syarat pencalonan.

Kemudian ada penetapan pasangan calon, pengundian dan pengumuman nomor urut calon, masa kampanye, masa tenang, pemungutan suara, rekapitulasi suara, penetapan pasangan calon terpilih tanpa permohonan perselisihan hasil pemilih, dan terakhir penetapan pasangan calon terpilih paska putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Berdasarkan tahapan itu, penyerahan syarat dukungan calon perseorangan dimulai pada 25 November - 29 November 2017. Sedangkan pendaftaran pasangan calon pada 8 - 10 Juni 2018.

Pemungutan suara digelar 27 Juni 2018. "Harapan kami masyarakat berpartisipasi aktif, termasuk mengecek datanya dalam daftar pemilih. Apakah sudah masuk atau belum," tegas Deny.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Malang jika mengacu pada Pilpres tahun 2014 sebanyak 611.246 jiwa.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help