SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Bayi Mungil Sudah Ada Yang Mengadopsi, Tapi Dinsos Tidak Tahu

Sri Yunani mengatakan seharusnya diketahui oleh pihak Dinsos. Karena sesuai prosedur, Dinsos berhak mengetahui terkait proses pengapdosian.

Bayi Mungil Sudah Ada Yang Mengadopsi, Tapi Dinsos Tidak Tahu
istimewa
Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto bersama orang tua asuh bayi yang dibuang sepekan lalu. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Masih ingat bayi mungil perempuan yang ditemukan bocah SD di Jalan Melati, Pesanggrahan, pada satu minggu lalu? Ternyata bayi itu sudah diadopsi. Namun hal itu tidak melalui prosedur Dinas Sosial Batu.

Tentu hal ini disesalkan oleh pihak Dinsos Batu. Tersebar kalau bayi tersebut diadopsi oleh Kapolres Batu. Kabid Rehabilitadi Sosial Dinsos Kota Batu, Sri Yunani mengatakan seharusnya diketahui oleh pihak Dinsos. Karena sesuai prosedur, Dinsos berhak mengetahui terkait proses pengapdosian.

"Jangan sampai diambil secara instan, ketika tumbuh dewasa lalu ada kelainan, orang tua yang mengadopsi ini bisa dipercaya pertanggung jawabannya. Jangan sampai anak ini terlantar kembali," kata Sri Yunani, Senin (11/9/2017).

Tak hanya itu, ia juga tak ingin persepsi masyarakat jika yang mengadopsi pejabat akan dipermudah. Seharusnya prosedur pengapdosian bayi ini setidaknya butuh waktu 8 bulan hingga 1 tahun.

Ia menyatakan ada beberapa syarat yang harus diketahui oleh pihak calon orang tua. Seperti dari segi ekonomi mampu, dan dari segi sosial juga tidak memiliki masalah.

Sementara itu, Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto membenarkan hal itu. Hanya saja, pengadopsi ini bukan yang bersangkutan.

"Yang mengadopsi rekan saya mbak," kata Budi ketika dikonfirmasi.

Ditanya mengapa sesuai prosedur yakni minimal 8 bulan, pihaknya menyatakan kalau hal itu sah sah saja.

"Iya benar. Tetapi selama 8 bulan bayi dimana? Boleh sajakan dirawat oleh calon orang tua angkat," imbuh dia.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help