SuryaMalang/
Home »

Batu

Malang Raya

Muncul Polemik di Sela-Sela Pengadopsian Bayi yang Ditemukan di Jalan Melati Kota Batu

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Batu, Sri Yunani. Ia mengatakan, hingga saat ini belum ada pelimpaham tersebut.

Muncul Polemik di Sela-Sela Pengadopsian Bayi yang Ditemukan di Jalan Melati Kota Batu
IST
Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto menjenguk bayi yang ditemukan di trotoar Jalan Melati, Senin (4/9/2017). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Terkait pengadopsian bayi perempuan yang dibuang dan ditemukan di Jalan Melati, Pesanggrahan, Kota Batu ternyata pihak Dinas Sosial (Dinsos) masih menunggu pelimpahan dari pihak kepolisian.

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Batu, Sri Yunani. Ia mengatakan, hingga saat ini belum ada pelimpaham tersebut.

"Iya kami menunggu dari pihak polisi. Belum ada sampai sekarang. Setidaknya kan 10 hari," kata dia saat ditemui di Dinas Sosial, Selasa (12/9/2017).

Ditanya mengenai prosedur pengadopsian bayi, pihaknya menjawab bahwa prosedur itu sudah peraturan pemerintah.

Yakni, PP Tahun 2007 no 54 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak. Tak hanya itu, juga ada Tim Pertimbangan Izin Pengangkatan Anak (PIPA).

"Semua itu ada prosedurnya. Karena yang dipertanggung-jawabkan ini adalah masa depan anak ini nanti. Jangan sampai kasus Angeline terjadi lagi," imbuhnya.

Ia berharap, segera ada pelimpahan ke Dinsos, agar Dinsos bisa segera melakukan proses selanjutnya. Di antaranya bayi itu bisa dirawat di pusat rehabilitasi di Sidoarjo.

Sementara itu, di Kantor Dinsos tetap ada calon orang tua bayi yang mendaftarkan diri untuk mengajukan permohonan Adopsi.

Beberapa di antara mereka juga mempermasalahkan, mengapa pengadopsian bayi itu dilakukan sepihak. Seperti yang diungkapkan oleh M Munir.

"Kalau ada prosedur, ya harus diikuti. Karena sudah ada peraturannya," kata dia saat mendatangi Kantor Dinsos.

Setidaknya ada sekitar 20 calon orang tua.

Di lain hal, Kasatreskrim Polres Batu, AKP Daky Dzul Qornain mengatakan, kasus bayi dibuang itu masih dalam tahap penyelidikan.

Beberapa hal juga dilakukan seperti melacak handuk yang dipakai bayi saat ditemukan.

"Ya tetap kami lidik," kata dia singkat.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help